More

    Prosesi Wisuda Virtual ITS Gunakan “Minecraft”

    SURABAYA, KabarKampus – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar Wisuda ke-121 secara daring pada hari Minggu, (02/08/2020). Kegiatan wisuda yang sempat tertunda ini dirancang menggunakan minecraft yaitu sebuah permainan virtual balok-balok.

    Hadziq Fabroyir SKom PhD, dosen Departemen Teknik Informatika ITS menjelaskan, ia bersama 14 orang lainnya membuat bangunan minicraft khusus untuk memeriahkan wisuda yang seharusnya diselenggarakan pada bulan Maret 2020. Mereka membuat desain bangunan yang menyerupai Gedung Graha Sepuluh November secara virtual dengan Minecraft Education Edition yang telah dilanggan oleh ITS.

    Hadziq mengaku timnya sempat kurang referensi terkait bentuk gedung graha tersebut. Hal itu, karena memang mereka tidak dapat melakukan survei ke lokasi dan tidak ingat dengan bentuk detailnya.

    - Advertisement -

    “Akhirnya, kami merangkai konstruksi graha di Minecraft berdasarkan gambar-gambar yang kami kumpulkan dari internet,” ujarnya seperti dirilis humas ITS.

    Pengoperasiannya minicraft dilakukan secara langsung ketika Wisuda ke-121. Komunikasi antar pemain yang bergabung di proses Wisuda Minecraft ITS dilakukan melalui Discord. Sementara itu aplikasi Zoom hanya menerima video feed dari OBS Virtual Camera yang ditransmisikan dari server Minecraft ITS.

    Wisuda kali ini diikuti sebanyak 570 mahasiswa dari Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian (FTSPK), Fakultas Teknologi Kelautan (FTK), dan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD). Prosesi wisuda wisuda dilakukan secara daring dari tempat tinggal masing-masing.

    Sementara itu, pimpinan ITS menghadiri prosesi wisuda secara luring di Gedung Research Center (RC) ITS dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Ikut hadir secara daring pada wisuda kali ini yaitu Dr Emil Elestianto Dardak MSc, Wakil Gubernur Jawa Timur, Lies Hartono atau dikenal dengan Cak Lontong dan Brigita Manohara yang merupakan alumnis ITS.

    Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng, Rektor ITS mengatakan, optimistis jika pelaksanaan wisuda ini dapat mengobati rindu momen berakhirnya kuliah di ITS. Sebelumnya wisuda ini sempat ditunda karena banyak pertimbangan pada 15 Maret lalu.

    “Sebenarnya, ITS telah menunggu waktu yang tepat supaya (wisuda) dapat dilaksanakan seperti biasa, ternyata kondisi berkata lain,” ungkapnya saat memberikan sambutan.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here