More

    ITS Pertahankan Gelar Juara Umum Kontes Robot Indonesia 2020

    Tim Robotika ITS (ITS)

    BANDUNG, KabarKampus – Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya kembali mempertahankan gelar juara umum Kontes Robot Indonesia(KRI) 2020. Gelaran KRI 2020 berlangsung secara daring dari tanggal 16-23 November 2020.

    Dalam kompetisi tersebut ITS mengirimkan sebanyak lima tim robot untuk bertanding pada delapan kategori lomba, yaitu Tim Rival, Tim Ichiro, Tim Iris, Tim Vi-Rose, dan Tim Abinara-1. Dari kedelapan kategori lomba yang diikuti, ITS berhasil menyabet sembilan gelar juara dari tujuh kategori.

    Juara pertama diraih Tim Iris pada kategori lomba Robot Sepak Bola Beroda. Tim Iris pun berhasil mendapatkan penghargaan atas Strategi Terbaik.

    - Advertisement -

    Kemudian untuk Tim Vi-Rose berhasil mempertahankan prestasinya pada peringkat tiga besar dengan meraih gelar juara kedua pada kategori lomba Robot Seni Tari Indonesia. Ada pula Tim Ichiro yang berhasil masuk peringkat atas pada ketiga kategori lomba yang diikuti, antara lain, juara kedua pada kategori lomba Robot Humanoid Menggiring Bola, juara kedua pada kategori lomba Kerjasama Robot Humanoid, serta juara ketiga kategori lomba Lari Robot Humanoid.

    Sementara itu pada kategori lomba Robot ABU Indonesia, Tim Rival sukses menyandang gelar juara pertama dan dinobatkan sebagai peraih penghargaan Strategi Terbaik. Tim Rival juga menyandang gelar juara kategori Praktis dan Aman pada kategori lomba yang khusus dirancang pada masa pandemi ini, yaitu Robot Tematik Penanganan Covid-19.

    Muhammad Lukman Hakim ST MT, Dosen Pembimbing Tim Rival mengatakan, sejak awal Tim Robotika ITS memiliki target meraih prestasi sebanyak mungkin. Selain itu mereka juga menargetkan menjadi Juara Umum untuk kali ketiga pada KRI 2020 ini.

    Sehingga, tim melakukan persiapan sebaik-baiknya. Tim juga selalu meningkatkan standar perolehan poin tim.

    “Oleh karena lomba dilaksanakan secara daring, kami tidak berhadapan dengan lawan secara langsung sehingga yang dapat kami lakukan adalah melawan diri sendiri,” tutur Lukman seperti yang disiarkan ITS, Rabu, (25/11/2020).

    Selain itu lanjut Dosen Departemen Teknik Mesin Industri tersebut, selama persiapan mereka terus melakukan latihan dan memperbaiki perolehan pencapaian. Dengan prinsip tersebut, tim menjadi tidak cepat puas dan tetap melakukan perbaikan serta improvisasi sampai hari pertandingan tiba.

    KRI merupakan kompetisi tahunan skala nasional yang selenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI. Tahun ini yang menjadi tuah rumah penyelenggaraan KRI 2020 adalah Institut Teknologi Bandung dengan format daring.

    Dengan kemenangan ITS pada perhelatan KRI 2020 ini, menjadikan ITS sebagai Perguruan Tinggi di Indonesia yang terbanyak mengoleksi gelar Juara Umum sepanjang sejarah KRI diselenggarakan.

    Berikut adalah perolehan juara Kontes Robot Indonesia 2020

    Pada Kontes Robot Pemadam Api Indonesia, juara pertama dan desain terbaik diraih oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, juara kedua diraih oleh Universitas Semarang, juara ketiga diraih oleh Universitas Jember, dan juara harapan serta strategi terbaik diraih oleh Universitas Muhammadiyah Malang.

    Selanjutnya, pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda, juara pertama dan desain terbaik diraih oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember, juara kedua serta strategi terbaik diraih oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, juara ketiga diraih oleh Universitas Negeri Yogyakarta, dan juara harapan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

    Sementara itu, pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid kategori lari juara pertama diraih oleh Politeknik Negeri Batam, juara kedua diraih oleh Universitas Teknokrat Indonesia, juara ketiga diraih oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember, serta juara harapan diraih oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Pada kategori lomba mengiring bola juara pertama diraih oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, juara kedua diraih oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember, juara ketiga diraih oleh Universitas Teknokrat Indonesia, serta juara harapan diraih oleh Politeknik Negeri Batam.

    Selanjutnya, pada kategori lomba kerja sama robot, juara pertama diraih oleh Politeknik Negeri Batam, juara kedua diraih oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan juara ketiga diraih oleh Universitas Ahmad Dahlan.

    Pada Kontes Robot Seni Tari Indonesia, juara pertama untuk desain dan artistik terbaik diraih oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, juara kedua diraih oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember, juara ketiga diraih oleh Universitas Gadjah Mada, dan juara harapan diraih oleh Universitas Ahmad Dahlan.

    Selanjutnya, pada Kontes Robot Tematik Indonesia, juara untuk kriteria praktis dan aman diraih oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember, juara untuk kriteria gerakan pasien minimal diraih oleh Politeknik Negeri Jember, juara untuk kriteria mekanisme kompak diraih oleh Universitas Indonesia.

    Pada Kontes Robot Abu Indonesia, juara pertama dan strategi terbaik diraih oleh Institut Teknologi Nopember, juara kedua dan desain terbaik diraih oleh Universitas Jember, juara ketiga diraih oleh Universitas Negeri Yogyakarta, serta juara harapan diraih oleh Politeknik Negeri Malang.   

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here