More

    Program Unggulan KKN Mahasiswa Unand di Ladang Panjang

    Oleh: Azzahra Amalia*

    HUNTARA (Hunian Sementara) yang dibangun oleh tim KKN mahasiswa Unand di Nagari Ladang Panjang, Pasaman, Sumatera Barat. (ist)

    LADANG PANJANG, KabarKampus – Mahasiswa Universitas Andalas (Unand) sedang melaksanakan KKN-PPM (Kuliah Kerja Nyata – Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat) di Nagari Ladang Panjang, Pasaman Sumatera Barat. Mahasiswa KKN berinisiatif untuk meningkatkan produktifitas dengan pemberdayaan masyarakat melalui pengabdian yang dilakukan selama 34 hari di Nagari Ladang Panjang. 

    Pengabdian dilakukan sebagai bentuk dedikasi dan implementasi keahlian yang telah didapatkan selama berada di dunia perkuliahan. Mahasiswa yang terlibat dari berbagai jurusan. Mulai dari bidang sosial, pertanian, ekonomi, kesehatan, dan penanggulangan bencana alam. 

    - Advertisement -

    Mahasiswa KKN Unand dan MBKM bidang kebencanaan di Nagari Ladang Panjang beranggotakan 27 orang dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Prof. Dr. Eng. Fauzan. Program yang direalisasikan adalah program unggulan yang menarik dan berbeda dari program-program KKN lainnya, yakni pembangunan HUNTARA (Hunian Sementara), Campus Goes to School, dan pembuatan video profil Nagari Ladang Panjang untuk menunjang kelengkapan administrasi pemerintahan Nagari Ladang Panjang.

    Program unggulan ini dijalankan bersamaan dengan program pendukung sebagai bentuk kontribusi mahasiswa KKN Unand Ladang Panjang. Program pendukung yang direalisasikan seperti perayaan HUT RI ke-77 dan Senam Sehat.

    Kegiatan Pembangunan HUNTARA adalah bentuk kepedulian bersama atas kejadian bencana alam yang terjadi di daerah Pasaman pada tanggal 25 Februari 2022. Dampak dari bencana alam tersebut memberikan kerusakan yang cukup jelas di beberapa bangunan di Nagari Ladang Panjang.

    Tim KKN mahasiswa Unand di Nagari Ladang Panjang, Pasaman, Sumatera Barat. (ist)

    Kegiatan diawali dengan melakukan survei lapangan untuk mendata kerusakan rumah dengan kategori rusak ringan, rusak sedang, dan rusak berat. Dari data tersebut akan dicanangkan pembangunan HUNTARA pada rumah yang mengalami kerusakan yang paling berat.

    Dari kegiatan yang telah dilakukan selama program, mahasiswa KKN Ladang Panjang telah membangun 1 unit HUNTARA. HUNTARA tersebut menjadi pembawa angin segar bagi keluarga terdampak untuk mendapatkan kediaman sementara yang layak huni pasca bencana alam yang terjadi. 

    Semua rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN UNAND di Nagari Ladang Panjang berjalan dengan lancar. Masyarakat Kecamatan Tigo Nagari pun antusias, khususnya warga Ladang Panjang.

    “Saya berharap mahasiswa KKN Unand di tahun berikutnya akan mengabdi lagi di Nagari Ladang Panjang ini” ucap Wali Nagari Ladang Panjang pada acara pelepasan mahasiswa KKN. 

    *Penulis adalah Mahasiswa Antropologi Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas (UNAND).

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here