More

    Mahasiswa KKN Unand Mengaktifkan Kembali Dokter Kecil di Nagari Balingka

    Oleh: Heni Purwaningsih*

    Pelatihan Dokter Kecil se-Balingka oleh mahasiswa KKN Unand. (ist)

    AGAM, KabarKampus – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan mata kuliah wajib di setiap perguruan tinggi berupa kuliah 4 sks yang dilaksanakan di luar kampus, yakni terjun langsung ke masyarakat. Mahasiswa KKN Unand dibagi ke berbagai daerah di Sumatera Barat, salah satunya adalah ke Nagari Balingka, Kec. IV Koto, Kab. Agam. 

    Mahasiswa KKN Unand yang berlokasi di Balingka terdiri dari 26 orang, 18 di antaranya adalah perempuan dan 8 lainnya adalah laki-laki. Mahasiswa KKN berasal dari jurusan dan fakultas yang berbeda-beda. Ada yang dari fakultas Kedokteran, Keperawatan, Pertanian, Kesehatan Masyarakat, MIPA, Hukum, Fisip, Peternakan, Farmasi, Teknik dan Sistem Informasi. Oleh karena Mahasiswa KKN berasal dari berbagai fakultas dan jurusan yang berbeda, maka banyak program kerja yang direncanakan oleh masing-masing mahasiswa. Program Kerja utama dari mahasiswa KKN Balingka adalah Mengaktifkan Kembali Dokter Kecil di Nagari Balingka tersebut.

    - Advertisement -

    Dokter Kecil merupakan siswa yang dipilih sesuai kriteria dan terlatih untuk ikut melakasanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya. Dokter kecil sudah ada di sekolah-sekolah sejak lama, namun terhenti sejak terjadi pandemi Covid-19 di Indonesia.

    Sejak pandemi Covid-19 melanda Negara Indonesia, kegiatan belajar mengajar di sekolah menjadi terganggu karena murid-murid dianjurkan untuk belajar daring (online). Belajar daring mengakibatkan aktifitas di sekolah terhenti karena  dialihkan ke rumah masing-masing. Dokter kecil di sekolah-sekolah pun semakin sedikit dan tidak aktif lagi. 

    Mahasiswa Unand yang KKN di Balingka berupaya mengaktifkankan kembali Dokter kecil. Mahasiswa KKN bekerja sama dengan pihak Puskesmas untuk mengadakan pelatihan Dokter Kecil dan pelantikannya. Pelatihan Dokter Kecil dilaksanakan pada tanggal 15-19 Agustus 2022 di MDA Pahambatan dan MDA Surau Saiyo. 

    Pelatihan Dokter Kecil di Nagari Balingka dihadiri oleh 60 siswa yang diutus dari 6 Sekolah Dasar masing-masingnya mengirim utusan 10 siswa per sekolah. Pelatihan di MDA Pahambatan dilaksanakan tanggal 15-16 Agustus 2022 yang didampingi oleh 13 Mahasiswa KKN Unand bersama Bu Rahmi pendamping dari Puskesmas yang bertugas di posyandu Pahambatan dan pesertanya terdiri dari 30 siswa SD jorong Pahambatan. Selanjutnya pelatihan di MDA Saiyo dihadiri oleh 30 siswa dari SD jorong Subarang dan jorong Koto Hilalang. Pendampingnya adalah 13 Mahasiswa KKN bersama Bu Ayu perwakilan dari puskesmas yang bertugas di Posyandu  Koto Hilalang.

    Pelantikan Dokter Kecil dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2022 di MDA Pahambatan Nagari Balingka. Pelantikan tersebut dihadiri oleh perwakilan Wali Nagari, kepala jorong, perwakilan dari Puskesmas, Bidan pendamping serta guru dari maisng-masing sekolah asal sekolah Dokter Kecil. Rangkaian acara Pelantikan yang meriah dan formal disusun oleh Mahasiswa KKN. Pelantikan secara formal dengan adanya sertifikat untuk masing-masing peserta Dokter Kecil dan pemakaian atribut Dokter Kecil seperti Topi dan scraf. Pelantikan Dokter Kecil secara resmi menandakan aktifnya kembali Dokter Kecil di Nagari Balingka.

    *Penulis adalah mahasiswa KKN Matematika Unand

    - Advertisement -

    6 COMMENTS

    1. Menarik sekali, terutama setelah terjangan pandemi Covid-19 isu-isu kesehatan memang perlu diseriusi agar tidak menimbulkan kerugian dan kegagapan. Menghidupkan kembali Dokter Kecil di sekolah-sekolah artinya mengenalkan sekaligus mendorong lahirnya anak-anak yang paham akan kesehatan sedari dini.
      Tapi, apakah setelah kegiatan KKN selesai perhatian terhadap perkembangan Dokter Kecil di sana akan tetap dilakukan?

      • InsyaaAllah masih berjalan dan makin aktif dokter kecil di sana, karena ada guru dan pihak puskesmas yang akan selalu memperhatikan dokter kecil serta melakukan pembinaan lebih lanjut kepada dokter kecil yang sudah dilantik

    2. Kegiatan mengaktifkan kembali dokter kecil ini sangat membawa dampak positif bagi siswa sendiri karena dengan pelatihan dokter kecil siswa akan bisa bersikap dan berperilaku hidup sehat, menggerakkan dan membimbing teman dalam melaksanakan kebersihan, kesehatan pribadi dan penyuluhan kesehatan juga melakukan pengenalan tanda-tanda penyakit.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here