More

    Mahasiswa KKN Unand Buat Plang Penunjuk Arah di Nagari Kuranji Hulu

    Oleh: Dara Permata Hati*

    Tim KKN Mahasiswa Unand (ist)

    PARIAMAN, KabarKampus – Sebanyak 24 orang mahasiswa Unand dari berbagai jurusan ditempatkan di Nagari Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging untuk melaksanakan beragam program kerja demi membantu kemajuan nagari. Salah satu program kerja yang diusung oleh mahasiswa KKN Unand adalah pembuatan plang penunjuk arah di beberapa persimpangan jalan di Nagari Kuranji Hulu.

    Plang penunjuk arah ini dipasang pada empat titik lokasi di setiap persimpangan jalan di Nagari Kuranji Hulu, yaitu Simpang Kampung Dadok, Simpang 4 Kalawi, Simpang 3 Batu Mangaum, dan Simpang 3 di SimpangTanjung Alai. Sedangkan proses pembuatan dan pemasangannya sendiri memakan waktu sekitar tiga minggu, yaitu mulai dari tanggal 7 Agustus hingga 22 Agustus 2022.

    - Advertisement -

    Pelaksanaan program kerja ini disambut baik oleh wali-wali korong di Nagari Kuranji Hulu. Wilayah Nagari Kuranji Hulu dikenal sebagai area yang sangat luas dan sering kali dilewati oleh para pengendara menuju ke daerah lain di Padang Pariaman. Namun, akses jalan dari Sungai Limau menuju ke Kuranji Hulu terputus karena jalan yang ambruk. Hal ini kerap membuat orang-orang yang pertama kali mengunjungi Kuranji Hulu menjadi kesulitan. Dengan meletakkan plang penunjuk arah di tiap simpang di Kuranji Hulu, pengunjung tidak akan kebingungan untuk mencari jalan saat berada di Kuranji Hulu. 

    Gilang Putra Perdana, Ketua KKN-PPM Kuranji Hulu Unand 2022 menjelaskan, “Plang penunjuk arah bisa menjadi salah satu sarana informasi yang bisa dimanfaatkan oleh warga Nagari Kuranji Hulu agar semakin banyak orang yang mengetahui wilayah Nagari Kuranji Hulu secara keseluruhan”.

    Tim KKN-PPM Kuranji Hulu Unand 2022 sangat berharap bahwa plang tersebut dapat terjaga dengan baik, bermanfaat bagi warga Nagari Kuranji Hulu, serta menjadi alternatif solusi bagi permasalahan nagari.

    Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu program yang wajib diadakan di beberapa perguruan tinggi. Salah satu perguruan tinggi atau universitas yang mewajibkan pelaksanaan KKN adalah Universitas Andalas. Dengan berlandaskan misi tridharma perguruan tinggi, pelaksanaan KKN di Universitas Andalas diharapkan dapat mendekatkan mahasiswa kepada masyarakat umum sembari mempraktikkan ilmunya ke lapangan.

    Pada tahun ini, Universitas Andalas mengadakan program KKN dengan mengusung tema “Bakti Untuk Nagari”. Tema ini sejalan dengan sistem pelaksanaan KKN Unand 2022 yang mengutamakan program kerja nagari untuk direalisasikan oleh mahasiswa KKN. Salah satu nagari yang ditempati oleh mahasiswa KKN Unand adalah Nagari Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat.

    *Penulis adalah Mahasiswi Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here