More

    Aldera Deklarasi Kawal Pemilu 2024

    Deklarasi Aldera kawal Pemilu 2024 di Telaga Sampireun Menteng, Jakarta Pusat (14/7/2023). (ist)

    Hari ini penting karena memperingati dimulainya Revolusi Prancis, tepatnya 14 Juli 1789. Revolusi Prancis tidak hanya memberi dampak abadi terhadap sejarah Prancis, dan lebih luas lagi terhadap Eropa, namun juga ke seluruh dunia. Revolusi Perancis bertujuan menghapuskan absolutisme yang terjadi selama berabad-abad, serta untuk memperjuangkan hak-hak rakyat akibat kesewenang-wenangan. Revolusi Perancis menjadi peristiwa penting yang membawa perubahan terhadap sistem pemerintahan yang baru, serta konsep kedaulatan. Dengan semboyannya, Liberté, égalité, fraternité, pasca Revolusi Perancis melahirkan paham-paham baru seperti liberalisme, demokrasi, dan nasionalisme. Demokrasi dipandang mengubah sistem pemerintahan yang sebelumnya hanya berdasarkan ikatan keluarga kerajaan atau kelas atas, menjadi semua rakyat berhak menentukan pemimpin mereka sendiri dalam sebuah pemilihan umum.

    Aliansi Rakyat untuk Demokrasi merupakan aliansi rakyat menjaga demokrasi dengan mengawal Pemilu. Aliansi ini diinisiasi oleh ALDERA (Aliansi Demokrasi Rakyat), sebuah organisasi beranggotakan laki-laki dan perempuan, yang militan, dengan satu tujuan: memperjuangkan demokrasi. Sejak awal dekade 1990-an, ALDERA memainkan peranan penting dalam interaksi perlawanan atas rezim Orde Baru. Pilihan bergerak bersama rakyat yang dimulai dengan membangun gerakan melawan kesewenang-wenangan, pada puncaknya adalah aksi menjatuhkan Soeharto, mengantar Indonesia memasuki babak baru: Reformasi Mei 1998. Dalam rangka memperingati momentum 25 Tahun Reformasi, ALDERA melakukan berbagai kegiatan, mulai dari menerbitkan buku “ALDERA: PotretGerakan Politik Kaum Muda 1993-1999”. Terbitnya buku ALDERA sangat relevan dengan situasi Indonesia, di tengah kancah politik yang “mengancam” demokrasi. Elit politik bermanuver dengan ideperpanjangan masa jabatan presiden, tiga periode, dan/atau penundaan Pemilu. Menjawab situasi politik tersebut, ALDERA menggunakan buku ini untuk kembali membangun semangat Reformasi: memperjuangkan demokrasi dan kembali ke rel konstitusi UUD NRI 1945.

    ALDERA mengadakan Kuliah Umum dan Bedah Buku di 36 kampus di seluruh Indonesia dari Aceh sampai Papua, dan puncaknya adalah: Jalan Sehat 25 Tahun Reformasi-Reformasi Memanggil, yang diikuti oleh 25 ribu peserta pada Minggu, 21 Mei 2023, di Gedung DPR/MPR. Momen Jalan Sehat 25 Tahun Reformasi Memanggil merupakan momentum memanggil para pejuang demokrasi untuk kembali menjaga demokrasi, menjaga konstitusi UUD NRI 1945.

    - Advertisement -

    Saat ini Indonesia tengah menyambut Pemilu Serentak 2024. Pengawalan Pemilu khususnya pada tahap Pemungutan dan Penghitungan Suara menjadi sangat krusial, menuju penetapan hasil Pemilu. Berbagai kecurangan Pemilu dapat terjadi, dan karenanya perlu pengawalan ketat. Penetapan hasil Pemilu diatur dengan ketentuan, KPU Kabupaten/Kota menetapkan hasil perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPRD kabupaten/kota paling lambat dua puluh hari setelah hari pemungutan suara, KPU Provinsi menetapkan hasil perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPRD provinsi paling lambat dua puluh lima hari setelah hari pemungutan suara, dan KPU menetapkan hasil Pemilu secara nasional dan hasil perolehan suara Pasangan Calon, perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPR, dan perolehan suara untuk calon anggota DPD paling lambat tiga puluh lima hari setelah hari pemungutan suara. Semakin lama proses penghitungan suara, semakin besar risiko kecurangan.

    KPU tidak dapat dengan cepat dan akurat mengumumkan dan menetapkan hasil Pemilu. Bawaslu tidak mengumumkan hasil penghitungan suara, yang semestinya dapat ia lakukan. Tidak ada pihak yang mengumumkan hasil Pemilu dengan cepat dan akurat. Padahal, hasil Pemilu sudah bisa diketahui di setiap TPS hari itu juga, atau setidaknya H+1. Semua TPS sudah memiliki hasil Pemilu. Tahapan selanjutnya adalah rekapitulasi.

    Bersambung ke halaman selanjutnya –>

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here