More

    Flexing + Pejabat = Korupsi?

    Berikut beberapa kasus flexing yang viral akhir-akhir ini :        

    1. Pejabat pajak di Kanwil Pajak Jakarta, Rafael Alun Trisambodo               

    Rafael Alun Trisambodo menjadi sorotan setelah anaknya Mario Dandi Satrio melakukan penganiayaan terhadap David Latumahina hingga koma. Polisi menyita mobil mewah Jeep Rubicon berharga miliaran rupiah yang digunakan Mario Dandi Satrio saat menganiaya David. Selain mobil mewah, warganet kemudian mendapati bahwa Rafael juga memiliki deretan motor gede (moge) Harley Davidson. Rafael mengatakan mobil Rubicon dan moge Harley Davidson itu bukan miliknya, melainkan milik kakaknya, anaknya, hingga menantu.

    - Advertisement -

    Berdasarkan hasil pemeriksaan tim Itjen Kemenkeu, Rafael sedikitnya memiliki 4 kesalahan yang membuatnya harus dipecat dari ASN. Berikut daftarnya: 

    • Terdapat harta yang belum didukung bukti kepemilikan, diatasnamakan pihak terafiliasi, dan terindikasi disembunyikan. 
    • Memiliki konflik kepentingan terkait dengan jabatan.
    • Memiliki gaya hidup pribadi dan keluarga yang tidak sesuai dengan asas kepatutan dan kepantasan sebagai ASN.
    • Terbukti tidak menunjukkan integritas dan keteladanan baik di dalam maupun luar kedinasan.

    KPK telah menetapkan mantan pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi. Rafael Alun terancam hukuman maksimal 20 tahun penjara.

    2. Sekretaris Daerah Pemprov Riau, SF Hariyanto

    SF Hariyanto menjadi sorotan setelah foto dan video istrinya yang memamerkan barang mewah viral di media sosial. Sang istri banyak memamerkan foto liburannya ke Eropa. Dia juga mengenakan barang-barang rumah mode mewah, seperti tas Gucci dan Hermes. Selain itu, istrinya juga berfoto dengan sepeda Brompton. Hariyanto mati-matian menyebut barang-barang mewah itu KW. Dia juga mengatakan istrinya berlibur dengan tiket promo.

    Bersambung ke halaman selanjutnya –>

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here