More

    Flexing + Pejabat = Korupsi?

    3. Kepala kantor BEA Cukai Makassar, Andhi Pramono

    Andhi Pramono menjadi sorotan setelah putriya viral suka hura-hura dan flexing. Andhi mengatakan hal itu lumrah, karena putrinya seorang selebgram. Andhi mengatakan putrinya flexing menggunakan uangnya sendiri hasil pekerjaannya sebagai selebgram. Namun, PPATK menemukan banyak transaksi besar dalam rekening Andhi untuk berbagai aktivitas, mulai dari setoran tunai hingga pembelian barang mahal. Putrinya juga pernah memamerkan outfit-nya bermerek Balenciaga dan Versace. Andhi pernah memakai jam tangan Rolex hingga cincin batu safir dalam acara podcast. Namun ternyata kecurigaan netizen benar, pada akhirnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Kepala Kantor Bea Cukai Makassar Andhi Pramono sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi di Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan (DJBC Kemenkeu). 

    Penetapan Andhi Pramono sebagai tersangka bermula dari pemeriksaan laporan harta kekayaannya yang dianggap tak sesuai profil. Dikutip dari LHKPN KPK, Andhi Pramono memiliki kekayaan Rp 13.753.365.726 atau Rp 13,75 miliar. Dia menyampaikan LHKPN pada 16 Februari 2022 untuk laporan periodik 2021. Dalam LHKPN disebutkan, Andhi menjabat sebagai Kepala Kantor di unit kerja Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Ia menduduki jabatan sebagai Kepala Bea Cukai Makassar. Kekayaan Andhi Pramono sebesar Rp 13,75 miliar terdiri dari tanah dan bangunan senilai Rp 6,98 miliar. Aset kekayaan tanah dan bangunan itu berada di Salatiga, Karimun, Batam, Bogor, Jakarta Pusat hingga Cianjur. Tanah dan bangunan itu berstatus hasil sendiri dan hibah dengan akta. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akhirnya mencopot Andhi Pramono dari jabatan Kepala Bea Cukai Makassar, Sulawesi Selatan. Keputusan itu diambil setelah Andhi Pramono ditetapkan sebagai tersangka kasus gratifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

    - Advertisement -

    4. Plt Bupati Bombana Burhanuddin

    Burhanuddin dan istrinya menjadi sorotan publik karena kegemarannya memamerkan gaya hidup mewah di media sosial. Gaya hidup keluarga Burhanuddin terungkap setelah unggahan dari pengguna TikTok yang menyoroti koleksi tas luxury brand milik istri pejabat itu. Burhanuddin juga terekam pernah mengendarai moge dan mobil Jeep dengan iring-iringan pengawalan. Setelah viral, Burhanuddin mengaku tas-tas mewah itu palsu karena dibeli di daerah Mangga Dua. KPK telah memanggil Burhanuddin untuk mengklarifikasi laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) miliknya. Pemeriksaan aset juga masih dilakukan, termasuk yang dimiliki anaknya.

    5. Kepala kantor BEA Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto

    Eko Darmanto menjadi sorotan setelah kedapatan memiliki unggahan foto pesawat Cessna di media sosialnya. Setelah viral, Eko mengatakan pesawat itu bukan pribadi. Dia juga memamerkan moge Harley Davidson, yang kemudian disebut pinjaman arang lain. Selain itu, ada juga unggahan mobil Mercy, Chevrolet Bell Air, Mazda 2, BMW, Jeep Willys, Toyota Fortuner, Dodge Fargo dan Chevrolet Aprache. Eko Darmanto alias ED, pejabat eselon III Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dipastikan telah dicopot dari jabatannya. Berdasarkan instruksi Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, pembebasan tugas Eko Darmanto resmi dilakukan pada 2 Maret 2023.

    Bersambung ke halaman selanjutnya –>

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here