More

    Dari Bar Kecil ke Hyde Park London


    Frino Bariarcianur

    Gugun Blues Shelter tidak terbang dengan roket. Mereka jatuh bangun menyuguhkan musik yang dianggap selera tua ini.

    Pilihan musik blues yang mereka jalani sejak tahun 2004, cukup getir. Dari bar ke bar kecil, ditonton tak lebih dari 10 orang, dicuekin pengunjung bahkan saat manggung di sebuah kampus Jakarta aliran listrik mereka dipadamkan. Di Indonesia sendiri musik blues selama berpuluh tahun belum mendapatkan tempat di hati orang Indonesia. Industri musik pun masih memandang sebelah mata, dianggap tak mendatangkan laba. Blues di Indonesia adalah sang liyan yang dipinggirkan.

    - Advertisement -

    Kenangan itu tak membuat menyerah. Muhammad Gunawan alias Gugun, si pencabik gitar dan vokal, Jonatan Armstrong alias Jono si pembetot bass dan Aditya Wibowo alias Bowie si penggebuk drum, punya keyakinan lebih bahwa kenyataan pahit akan berubah. Mereka tetap setia dan ngulik musik blues ini. Biarlah apa kata orang, Gugun Blues Shelter tetap nge-blues sampai mampus.

    Tahun 2011 mereka seperti naik haji. Gugun Blues Shelter manggung bersama Bon Jovi, Rod Stewart, Stevie Nicks di Hard Rock Calling di Hyde Park London. Ini tempat bagi band-band terkemuka dunia menyuguhkan hasil jerih payah mereka kepada publik. “Ini seperti naik haji,” kata Gugun sambil tersenyum saat bertemu dengan jurnalis di kafe Rolling Stone Jakarta, saat perayaan 7 Tahun Majalah Rolling Stone Indonesia dan peluncuran album Andra the Backbone IV, Rabu (24/05).

    Majalah Rolling Stone Indonesia pula mentasbihkan Gugun Blues Shelter sebagai “The Blues Rock Ambassador” dalam Editors Choice Award 2012. Pilihan majalah musik ini beralasan. Jika melihat sepak terjang maka Gugun Blues Shelter layak mendapatkan penghargaan tersebut.

    “Perjalanan kami belum seberapa, kami harus terus berkreativitas,” Gugun, Jono dan Bowie tetap low profile. Dimana pun mereka berada, mereka selalu asyik diajak bicara.

    Malam itu di kafe Rolling Stone, dalam perayaan “Seven Years of Rock n’ Roll”, Gugun Blues Shelter kembali menyuguhkan musik yang dianggap selera tua ini memang layak mendapat perhatian anak muda. Inilah cabikan melodi kehidupan yang blues. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here