More

    Paduan Suara UPH Gelar Konser Lagu Anak

    Conservatory of Music UPH Gelar Konser Senandung Masa Kecil. Dok. UPH

    Conservatory of Music UPH menggelar acara Music for Society bertajuk ‘Senandung Masa Kecil’ di Auditorium D501 kampus UPH Lippo Village, Tangerang, (15/04/2018).

    Acara ini merupakan kolaborasi sekitar 300 penampil. Mereka terdiri dari mahasiswa Conservatory of Music dengan 8 kelompok paduan suara anak dari berbagai komunitas di Tangerang dan Jakarta.

    Mahasiswa terjun langsung ke komunitas anak untuk mengajarkan lagu-lagu anak sekaligus mengajarkan koreografi. Mereka juga memberikan pengertian dari lagu yang dibawakan serta cara menyanyikan dengan benar.

    - Advertisement -

    Sebanyak 16 lagu dibawakan ajang ini. Selain lagu anak ada juga lagu bernuansa cinta tanah air, dan lagu daerah  dengan iringan orchestra dan band dari Mahasiswa Conservatory of Music UPH. Setiap lagu juga diaransemen oleh mahasiswa dari peminatan music composition sehingga menghasilkan lagu yang lebih enak dan menarik minat anak-anak maupun orang dewasa untuk menyanyikannya.

    Pertunjukkan ini dilatarbelakangi keprihatinan karena anak-anak saat ini tidak memiliki pilihan lagu-lagu untuk usia mereka. Sehingga anak-anak lebih mengenal dan menyanyikan lagu-lagu dewasa yang terkadang kontennya kurang edukatif.

    Melalui konser ini CoM UPH kembali mengangkat lagu anak-anak yang sangat edukatif. Diharapkananak-anak  memiliki pilihan lagu untuk dinyanyikan.

    Selain itu, scara ini juga menggunakan seting orchestra yang sangat baik  sehingga lagu ini menjadi lebih artisistik dan menarik dinyanyikan. Misalnya lagu ‘Naik Delman’ karangan Ibu Sud yang diaransemen dengan iringan band sangat kreatif dan membuat penonton ikut menyanyi.

    Lagu ‘Cikcik Periuk’ yang diaransemen dan dinyanyikan dengan teknik-teknik vocal dan tarian, jadi sangat menarik. Ada juga lagu ‘Guru ku Tersayang’ Melly Goeslaw, penuh makna penghormatan dan penghargaan untuk guru. Begitu juga dengan lagu ‘Indonesia Pusaka’ karya Ismail Marzuki dengan iringan orchestra menambah artistik lagu dan membangkitkan rasa cinta tanah air. Masih banyak lagi pesan-pesan  yang diperoleh lewat lagu yang dibawakan oleh anak-anak di konser ini.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here