More

    Teaterikal untuk Pesisir Selatan

    Defrizal – Suara Kampus IAIN Imam Bonjol Padang

    Aksi Teaterikal UKM Teater Imam Bonjol Padang di lapangan karkir kampus menggugah simpati mahasiswa agar peduli terhadap korban banjir bandang di daerah Pesisi Selatan Padang, Kamis (10/11). FOTO : DEFRIZAL- Suara Kampus

    PADANG,KabarKampus—Musibah banjir yang melanda daerah Pesisir Selatan Padang, membangkitkan semangat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater IB Padang, untuk melakukan pertunjukan ‘Duka Ranah Pesisir’ yang berlangsung di Lapangan Parkir IAIN IB Padang, Kamis (10/11).

    Teaterikal mengisahkan betapa bencana meluluhlantakkan harapan semua orang. Penuh dengan rasa duka dan kesedihan yang dalam. Ada yang memerankan ibu yang menangisi anaknya yang meninggal akibat banjir. Kisah-kisah mahasiswa ini diambil dari pengalaman mereka yang nyata.

    - Advertisement -

    Mereka memasang atribut bendera setengah tiang, menandakan ada musibah atau bencana alam. Di samping itu, UKM Teater juga menyanyikan lagu Iwan Fals yang berjudul hutan. “Lagu yang menyinggung tentang penebangan hutan secara liar. Karena penebangan hutanlah banyak terjadi banjir dan longsor,” kata Hari.

    Hari mengharapkan, pemerintah dapat melarang masyarakat yang menebang hutan secara liar, dan menyediakan lapangan kerja untuk mereka. Agar musibah banjir dan bencana alam lainnya yang dikarenakan ulah manusia itu tidak terulang kembali.

    “Acara ini bertujuan untuk mengingatkan seluruh mahasiswa IAIN IB Padang, agar hati mereka tergerak dan dapat mengulurkan tangan untuk memberikan bantuan kepada warga Pesisir Selatan,” ujar salah seorang pengurus UKM Teater Hari Finaldi.

    Menanggapi aksi teatrikal yang dilakukan UKM Teater, Prof. Dr. Asasriwarni, MH selaku Pembantu Rektor bidang Kemahasiswaan IAIN IB Padang mengatakan, “Atas nama rektor bidang kemahasiswaan kami merespon positif apa yang dilakukan oleh UKM Teater. Kalau bisa aksi teatrikal ini jangan hanya di kampus saja tapi juga dilakukan di luar kampus IAIN ini sehingga bukan hanya mahasiswa saja yang akan memberikan bantuan tapi masyarakat umumpun tergugah hatinya untuk menolong,” harapnya.[]


    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here