More

    Indonesia Move On PFN 2012

    Frino Bariarcianur

    Suasana Pesta Film Nasional 2012 di Yogyakarta. FOTO : DOKUMENTASI PANITIA

    Program “Indonesia Move On!” Pesta Film Nasional (PFN) 2012 memutar film-film karya sineas muda dari kota Palu, Bandung dan Yogyakarta.

    Beberapa film yang telah mendapat banyak penghargaan diputar di program “Indonesia Move On!” dalam Pesta Film Nasional 2012 ini, diantaranya film pendek dari Jogjakarta berjudul “Territorial Pissings” dari Jason Iskandar mendapatkan gelar Film Pendek Asia Terbaik dalam Jogja-Netpac Asian Film Festival 2010.

    - Advertisement -

    Film fiksi pendek dari Palu berjudul “Wrong Day” karya sutradara Yusuf Radjamuda pun merupakan salah satu film yang menjadi finalis dari Festival Film Indonesia 2011 untuk kategori film pendek dan juga telah menyabet tiga gelar penghargaan sekaligus dalam Malang Film Video Festival 2011.

    Film hasil besutan trio sineas asal Bandung; Lulu Fahrullah, Abdalah Gifar dan Sofyana Ali Bindiar yang berjudul “It’s Your Wedding Day” mendapat penghargaan dalam Festival Indie Sastra 2011 di Bandung.

    Dalam pernyataan tertulisnya, Achmad R. Yazid, Programmer Pesta Film Nasional 2012 menyatakan film pendek Indonesia mengalami perkembangan yang pesat. “Setiap kota memiliki prestasinya sendiri melalui film-film mereka dan setiap kota juga punya cara bertutur yang berbeda dalam setiap film yang diputar,” kata Yazid.

    Meski meraih sejumlah prestasi, jika dilihat dari jumlah penonton PFN 2012, memang terjadi penurunan dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. “Tidak ada antrian ataupun waiting list bagi yang ingin menonton, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat panitia untuk terus memperbaiki diri dan memberikan yang terbaik,” kata Pandhu Adjisurya, Publicist Pabrik Film.

    Sementara film “Payung Merah” karya Edward Gunawan dan Andri Cung yang sukses di berbagai festival film di luar negeri juga mendapat sambutan dari penonton PFN 2012. Film ini merupakan bagian dari film “Trilogy Good in Goodbye”. Dua film lainnya berjudul “Borrowed Time” karya Edward Gunawan dan Lucky Kuswandi dan “Broken Vase” karya Edward Gunawan.

    Pestival Film Nasional 2012 yang diselenggarakan di kota Yogyakarta berlangsung 25-31 Maret 2012.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here