More

    Jangan Sembarang Membeli Sepatu

    Ahmad Fauzan Sazli

    FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

     

     

    - Advertisement -

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Sepatu adalah barang wajib yang digunakan ketika kuliah. Terkadang mahasiswa menghabiskan waktu satu hari penuh beraktivitas di kampus. Alangkah menyiksanya ketika sepatu yang digunakan tidak nyaman dan menyiksa kaki.

    Tentunya hal ini dapat mempengaruhi aktivitas perkuliahan kamu di kampus. Sepatu dengan brand terkenal belum tentu membuat kamu nyaman memakainya. Faktor kenyamanan adalah yang paling utama.

    Dalam memilih sepatu kamu harus membeli sepatu yang tepat, pas, dan berkualitas.

    Berikut adalah tips membeli sepatu :

    1. Belilah Sepatu di Sore Hari

    Sore hari setelah seharian beraktivitas, kaki biasanya akan sedikit membengkak dengan ukuran yang paling besar. Inilah saat yang tepat untuk membeli dan mencoba sepatu. Membeli sepatu di sore hari nggak akan membuat kamu membeli sepatu sempit.

    2. Cermati Bahan

    Ikut tren boleh saja, tapi untuk kenyamanan kaki, pilihlah material yang memungkinkan kaki bisa bernapas. Pilihan terbaik adalah bahan kulit atau bahan sintetis yang lembut. Hindari bahan plastik atau kulit yang kaku, nggak fleksibel, dan nggak menyisakan area bernapas bagi kaki.

    3. Wajib Dicoba

    Ukuran sepatu nggak pernah sama di setiap negara, bahkan di setiap merk. Inilah mengapa tak disarankan membeli sepatu secara online yang hanya mengandalkan nomor sepatu. Agar tak berakhir dengan sepatu kekecilan, kebesaran, dan tidak nyaman. Belilah sepatu yang bisa langsung dicoba. Selalu coba kedua sepatu di kiri dan kanan. Jika kamu membeli sepatu yang akan digunakan dengan kaos kaki, gunakan kaos kaki saat kamu mencobanya.

    4. Berjalanlah Beberapa Langkah

    Berjalan beberapa langkah penting untuk mengetahui apakah sepatu tersebut nyaman di kaki kamu. Saat pertama mencoba, mungkin sepatu baru akan kaku. Namun jika sudah tak enak dipakai berjalan, ia akan tetap seperti itu meski kamu sudah memakainya berbulan-bulan.

    5. Pastikan Pas

    Sepatu yang baik dan pas di kaki adalah sepatu yang mewadahi tumit kamu dengan baik. Sehingga saat berjalan posisi tumit tidak bergeser. Pastikan juga jemari kaki kamu menyisakan ruang diantara jempol kaki dan jari kaki yang terpanjang.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here