More

    Adanya Kebersamaan dalam Buka dan Sahur

    Menunggu saat buka bersama dengan teman-teman lama di Pekanbaru. FOTO : Ahmad Saadillah

     

    - Advertisement -

    Oleh : Ahmad Saadillah

    Ramadhan memang bulan yang penuh dengan keberkahan dan nikmat yang luar biasa sekali. Banyak yang menyambut ramadhan dengan suka duka dan banyak pelajaran yang dapat diambil.

    Dari pengalaman-pengalaman dalam menjalani ramadhan di tahun 2012, pengalaman yang pernah aku lalui pada ramadhan tahun ini adalah aku berpuasa jauh dari rumah untuk pertama kali. Karena pesoalan perkuliahan, aku akhirnya berpuasa di kota tempat aku kuliah, yaitu kota Pekanbaru. Memang asyik rasanya jika dalam berbuka adanya kebersamaan.

    Mungkin orang akan bertanya kapan kita bubar? Ya … itulah pertanyaan yang sering kudengar dari kawanku ketika bertanya kepadaku, hm…. Jika orang menantikan buka bareng yang ditunggu-tunggu, nah kami sudah berbuka dan sahur bareng di kos tempat aku tinggal, sungguh mengasyikkan  tapi ada hal yang tidak bisa aku dapatkan saat berbuka bareng  di sana yaitu buka bareng dengan orang tua di rumah.

    Indonesia memang banyak dan beragam sekali adat istiadat nya. Salah satu kebiasaannya yaitu berbuka bersama atau sekarang lebih dikenal dengan nama bubar. Di balik cerita tersebut menyimpan pengalaman yang luar biasa, dan sekarang aku sudah bisa berbuka bareng di rumah, meskipun dengan kesederhanan yang ada, tapi itu lah nikmat yang masih bisa kurasakan, masih bisa makan makanan yang bisa mengenyangkan dan minum air yang bisa melegakan dahaga.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here