More

    Ngabuburit Ala Anak Kos

     

    Tausiyah sambil menunggu waktu berbuka puasa di masjid kampus UGM

    - Advertisement -

    OLeh : Yuvanta Lia F

    Bulan puasa adalah bulan yang penuh hikmah, tak terkecuali bagi anak kos seperti saya. Yang namanya anak kos, biasa sengsara tanpa makanan. Sekarang di bulan puasa kami disuruh menahan lapar dan dahaga. Lumayan jadi dapat pahala sekalian ngirit. Apalagi dengan adanya ngabuburit, semakin melengkapi berkahnya bulan puasa.

    Nah namanya kegiatan ngabuburit itu macem macem. Biasanya si anak kos juga macam macam. Tapi beda dengan saya. Ngabuburit saya Lebih islami. Sebelum adzan saya sudah kumpul di masjid kampus UGM. Iktikaf kali ya? Tapi ternyata tidak juga. Ada yang lebih menarik dari iktikaf, yaitu menanti berbuka sambil nunggu takjil gratisan dari masjid (*hahahaha).

    Saya datang tidak sendiri, saya mengajak teman-teman satu kos dengan saya. Ada ada saja ya. Entah itu sebuah alasan atau sebuah pembenaran. Tapi itulah ulah kebanyakan anak kos. Saat ramadhan datang takjil pun diserang.

    Kebetulan karena saya mahasiswa UGM, tempat kos saya dekat dengan masjid kampus UGM. Tapi lama-kelamaan masjid UGM terasa penuh, karena sudah banyak yang tahu kalau di masjid UGM setiap hari mengadakan buka bersama. Biasanya saya mencari masjid lain yang jaraknya cukup jauh. Saya sengaja mencari masjid yang jauh supaya pahala perjalannya semakin banyak. Ya itulah anak kos, selalu mencari pahala kebaikan.

    Pernah pula saya ke masjid Kauman di sebelah alun-alun utara kota Yogyakarta. Di masjid itu menu berbukanya tak kalah enak dari masjid kampus UGM. Setiap hari masjid Kauman menyiapkan 700 porsi, namun selalu kurang, karena setiap hari yang datang selalu bertambah. Maklum saja kota Yogyakarta adalah kota pelajar yang lebih dari 50 persen penduduknya adalah pelajar dan mahasiswa dari berbagai kota dan propinsi bahkan pulau. Sehingga di bulan ramadhan ini banyak sekali pelajar dan mahasiswa berbondong-bondong berburu takjil gratis biar bisa ngirit. Sebenarnya entah kebaikan atau kesempatan, tapi ya lumayan, dengan ngabuburit di masjid bisa ngirit.

    Kadang kala masjid pun tidak hanya menyediakan takjil, tetapi juga nasi kotak yang berisi minimal ayam di dalamnya. Wah terasa berkah banget dah ramadhan. Benar kalau ada hadist yang bilang seandainya kalian tahu berkah di dalam ramadhan, pasti kalian akan meminta satu tahun dijadikan ramadhan. Kalau sudah gitu wah anak kost benar benar jaya dah (*hahahaha).

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here