More

    Mahasiswa Baru Undip Diwajibkan Dampingi Ibu Hamil

    Ahmad Fauzan Sazli

    UndipSEMARANG, KabarKampus – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro (FKM – Undip) mewajibkan mahasiswa baru untuk mendampingi ibu hamil. Tak tanggung-tanggung, proses pendampingannya akan dilakukan selama tiga tahun.

    Tinuk Istiarti, Dekan FKM Undip mengatakan, bahwa mahasiswa baru juga diwajibkan untuk melakukan pendampingan terhadap ibu hamil selama tiga tahun sepuluh hari, di Kecamatan Tembalang dan Banyumanik yang menjadi Desa Mitra Kampus FKM Undip.

    - Advertisement -

    “Pelaksanaan pendampingan Program Ibu hamil diharapkan dapat meningkatkan kesehatan ibu dan anak, dengan menurunkan angka kematian ibu dan anak” ujar Tinuk saat membuka penerimaan mahasiswa baru di kampus Undip, Selasa, 27/08/2013).

    Ia menjeleskan, kegiatan mahasiswa baru ini akan diawali dengan pengawasan kehamilan, persalinan, nifas, pemantauan dan kunjungan resmi ke ibu hamil serta melakukan pencatatan dan pelaporan ke tenaga medis terdekat bila terjadi kasus khusus ibu hamil. Prosedur ini dilakukan karena kerawanan dari angka kematian ibu hamil dilihat dari sebelum melahirkan, pada saat persalinan.

    Selain itu, mahasiswa juga akan terus melakukan sosialisasi komunikasi dan edukasi pada ibu hamil seperti kapan harus periksa, kapan harus meminum vitamin, kapan harus timbang, dan memberikan informasi yang cukup tentang kehamilan yang sehat dan tidak beresiko kematian.

    Tidak hanya berhenti sampai disitu setelah melahirkan, mahasiswa masih diberi tugas mengawasi anak yang lahir hingga usia tiga tahun, untuk memastikan tumbuh kembang anak secara fisik dan psikologis, sera kecukupan gizinya.

    “Program ini tidak bermaksud untuk ‘gojlok’ mahasiswa baru, tetapi membekali mereka dengan kompetensi dan keahlian praktis yang mumpuni, sehingga mahasiswa akan mampu memahami persoalan dan fenomena nyata kesehatan masyarakat dan bermanfaat ketika sudah lulus,” tuturnya.

    Pada tahun 2013 ini, FKM menerima mahasiswa baru sebanyak 441 yang berasal dari 21 Propinsi yang ada. Dan program ini merupakan bagian dari pencanangan Program Desa Mitra Kampus yang merupakan kerjasama antara FKM Undip dengan Dinkes Propinsi Jateng.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here