More

    Unpad Tanamkan Nilai Pergerakan Kepada Mahasiswa Baru

    Ahmad Fauzan Sazli

    mahasiswa baru Unpad

    Kegiatan Ospek di kampus Unpad. FOTO : BEM Kema Unpad

    - Advertisement -

    JATINANGOR, KabarKamus – Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Padjajaran (BEM Kema Unpad) menyelenggarakan masa orientasi kampus kepada mahasiswa baru Unpad pada 20 – 21 Agustus 2013. Kegiatan penerimaan mahasiswa baru Unpad (Prabu) ini mengusung tema Bakti Unpad Untuk Indonesia.

    Dalam kegiatan tersebut BEM KEMA Unpad memiliki tiga agenda besar yaitu, mengenalkan pengabdian keilmuan, dan pergerakan kepada mahasiswa baru.

    Kegiatan pengabdian akan disampaikan melalui Taman Ilmu, salah satu program unggulan di bawah Kementerian Pengabdian Kepada Masyarakat. Pada kegiatan hari pertama prosesi Prabu Unpad, pengajar dan murid Taman Ilmu akan mempersembahkan lagu Taman Ilmu yang berjudul Kutemukan Cinta ciptaan Syakir Syena Tandya.

    Sedangkan, pada kegiatan pengenalan keilmuan, mahasiswa baru Unpad akan diberikan tugas untuk menemukan masalah bangsa dan membuat solusinya melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).  Selain itu akan diadakannya talkshow mengenai prestasi yang telah dicapai mahasiswa Unpad di kampus, daerah, nasional, maupun internasional dan karya-karya besar yang diciptakan.

    Pengenalan ini termasuk ke dalam program Gerakan Unpad ‘Melek’ Pimnas yang diusung oleh Kementerian Pendidikan dan Keilmuan BEM Kema Unpad.

    Pada hari kedua acara yang dinamakan Student Day ini, BEM Kema Unpad mengajak beberapa mahasiswa dari berbagai fakultas dan angkatan untuk menyajikan persembahan berupa teatrikal pergerakan mahasiswa. Teatrikal ini bercerita mengenai keruntuhan rezim Soeharto pada tahun 1998. Teatrikal yang digagas oleh Menteri Hubungan Eksternal, M. Hadiyan Abshar, menjadi sajian penutup rangkaian acara Student Day.

    Di akhir persembahannya, sekaligus menutup rangkaian kegiatan Prabu Unpad, BEM Kema Unpad meluncurkan lagu Mars Kema Unpad yang kembali diciptakan oleh Syakir Syena Tandya. Lagu tersebut merupakan representatif dari jati diri Keluarga Mahasiswa Unpad sebagai mahasiswa yang terus bergerak untuk negerinya, baik melalui pengabdian, keilmuan, maupun aksi turun ke jalan.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here