More

    13 Perguruan Tinggi Indonesia Ikuti Konferensi EAIE di Turki

    Ahmad Fauzan Sazli

    turkey

    JAKARTA, KabarKampus – Sebanyak 13 Perguruan Tinggi Indonesia turut ambil bagian dalam Konferensi tahunan ke-25 European Assosiation for International Education (EAIE) di Istanbul Turki pada tanggal 10 -13 September 2013. Konferensi ini bertujuan mempertemukan berbagai perguruan untuk menjalin kerjasama yang lebih inten dalam berbagai bidang khususnya dalam bidang akademik.

    - Advertisement -

    Adapun 13 perguruan tinggi tersebut anatara lain, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Padjadjaran Bandung,  Politeknik Negeri Semarang, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Universitas Presiden Cikarang, Universitas Telkom Bandung dan Universitas Surabaya.

    Konferensi  yang mengambil tema “Weaving The Future of Global Partnerships” ini diikuti berbagai perguruan tinggi dari seluruh dunia. Dalam pertemuan tersebut berlangsung kegiatan seperti dialog, workshop, kampus tour, dan pameran pendidikan tinggi.

    Hari pertama pameran, banyak peserta dari negara lain yang mengujungi booth Indonesia untuk berdialog dan menaruh harapan yang besar atas terjalinnya kemitraan dengan perguruan tinggi di Indonesia. Dalam kesempatan tersebut juga beberapa perguruan tinggi telah berhasil melakukan kerjasama yang ditandai dengan penandatangan MOU.

    Wakil Rektor bidang Kerjasama Internasional Universitas Telkom mengemukakan bahwa perguruan tingginya telah berhasil mengadakan kerjasama dengan Gazi Universitesi Turki.  Dalam kerjasama tersebut Universitas Telkom akan mengirimkan mahasiswanya untuk belajar ke Turki dengan skema 2 tahun di Indonesia dan 2 tahun di Turki atau 3 tahun di Indonesia dan 1 tahun di Turki.

    Sementara itu perguruan tinggi lainnya juga telah berhasil mengadakan kerjasama kemitraan dengan perguruan tinggi lain seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Presiden dan lainnya yang sebagian besar tentang pertukaran mahasiswa (students exchange).[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here