More

    ITS Luncurkan Situs Software Gratis Untuk Mahasiswa

    Ahmad Fauzan Sazli

    ITS

    SURABAYA, KabarKampus – Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) meluncurkan dua situs baru untuk memenuhi kebutuhan perangkat lunak bagi sivitas ITS, (Kamis, 19/09/2013). Dua situs tersebut adalah suro.its.ac.id dan boyo.its.ac.id. Kedua situs ini dapat diunduh secara gratis.

    - Advertisement -

    Situs Suro dan Boyo ini dibagi dua. Suro menyediakan berbagai freeware tanpa lisensi .Sementara boyo menyediakan open source software seperti ubuntu, debian, dan blankon.

    Nandez Darras, salah satu anggota   Badan Teknologi Sistem Informasi (BTSI) UGM mengatakan, bahwa mereka membuat situs ini untuk mewadahi sivitas akademika ITS dalam mencari dan menggunakan perangkat lunak yang gratis dan sering digunakan.

    “Sebenarnya software tersebut banyak tersebar di internet, namun keunggulan mengunduh dari suro dan boyo yaitu meminimalisir gangguan jaringan dan kecepatan unduh yang tinggi,” jelas mahasiswa Teknik Informatika 2010 ini.

    Ia menjelaskan, bahwa situs tersebut memiliki apliaksi bermacam-macam mulai dari anti virus, office, driver, software matematika, statistika, pemrograman. “Yang pasti semua software ini memang legal dipergunakan secara gratis, dan tidak ada hasil cracking,” terangnya lagi.

    Selain itu, BTSI juga menyediakan menu permintaan bagi pengguna yang tidak menemukan software yang mereka inginkan. BTSI juga berjanji menampung setiap permintaan aplikasi. Selain itu, aplikasi yang out date juga akan segera di-update dengan versi terbaru.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here