More

    Mahasiswa UI Presentasikan Penelitian Latah di Forum Internasional

    Ahmad Fauzan Sazli

    02 07 2013 ilustrasi kampus ui

    JAKARTA, KabarKampus – Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) mempresentasikan soal latah pada ajang 3rd Annual Medical Students’ International Conference (MEDSICON) 2013 di New Delhi, India. Tema Latah dinilai unik bagi para kontestan maupun tim juri karena tidak banyak yang mengetahui fenomena tersebut.

    - Advertisement -

    Mahasiswa berprestasi itu adalah Dina Faizah dari Fakultas Ilmu Kedokteran UI angkatan 2010. Penelitian Dina ini berhasil meraih 2nd Winner (Silver Medal) of Overall Competitive Oral Paper Presentation pada ajang yang digelar 11 Agustus 2013 lalu.

    Dalam seleksi awal, Dina berhasil terpilih dalam 100 abstrak penelitian terbaik dari 600 abstrak yang masuk. Dina mempresentasikan penelitian berjudul “Perspective and Perception of Latah among Junior High School Student in Jakarta, Indonesia”.  Ia juga memperagakan adegan layaknya orang latah untuk menggambarkan secara jelas mengenai latah.

    Hasil penelitian menyatakan bahwa latah terbanyak yaitu latah pengulangan perkataan (echolalia) dan sisanya adalah latah pengulangan gerakan (echopraxia). Seluruh responden mengemukakan, awal mula mereka latah adalah untuk mencari ketenaran serta menghibur lingkungan sekitarnya.

    Penelitian yang dilakukan Dina mengenai latah merupakan penelitian lanjutan dari Dr. dr. Martina W. Nasrun, SpKJ(K). Dina tak sendiri dalam melakukan penelitian ini. Ia bersama ketiga rekannya yaitu Fia A. Mutiksa, Randy S.N. Rusdy, Eka S. Nugraha,

    Medical Students’ International Conference  telah memasuki tahun ketiga. Kegiatan ini merupakan kegiatan konferensi akademik kedokteran tahunan terbesar di India hasil kerjasama antara Vardhman Mahavir Medical College & Safdarjung Hospital, New Delhi dan Indian Medical Students’ Association (IMSA). []

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here