More

    Ospek, Mahasiswa Asing UGM Bersepeda Keliling Kampus

    Ahmad Fauzan Sazli

    ospek mahasiswa asing di UGM

    Mahasiswa asing berkelilig kampus dengan sepeda di sekitar kampus UGM, Kamis, (04/09/2013). FOTO : UGM

    - Advertisement -

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Sebanyak 178 mahasiswa asing Universitas Gadjah Mada (UGM) bersepeda keliling kampus UGM, Kamis, (04/09/2013). Kegitan tersebut merupakan Orientasi Studi Pengenalan Kampus untuk mahasiswa asing yang berkuliah  di UGM tahun 2013.

    Seluruh mahasiswa asing tersebut berkeliling hampir ke semua ruas jalan kampus UGM. Mereka berhenti di setiap lokasi penting untuk mendapat penjelasan. Beberapa lokasi yang dikunjungi antara lain, Kantor Urusan Internasional, Gadjah Mada Medical Center (GMC), Graha Sabha Pramana, Perpustakaan, fakultas-fakultas, dan lain-lain.

    Rio Rini Moehkardi, MA, Kepala Sub Dit Urusan Internasional UGM mengatakan, selama orientasi, mahasiswa asing mendapat banyak informasi tentang keselamatan selama belajar di UGM. Mereka mendapat banyak penjelasan terkait persyaratan ijin belajar dan ijin tinggal atau visa di Indonesia.

    “Itu yang menjadi concern kita saat orientasi ini, bagaimana mereka selamat selama tinggal disini dan tidak mendapat banyak kendala selama belajar di UGM”, ungkap Rio Rini.

    Selain itu, menurutnya, dengan bersepeda keliling kampus dan menerima penjelasan dari pemandu akan mendukung kelancaran para mahasiswa asing selama belajar di UGM. Dan semua unit yang disinggahi merupakan unit-unit yang nantinya bersentuhan langsung dengan kebutuhan mereka.

    “Terkait kondisi kesehatan tentu mereka nanti sudah tahu harus ke GMC, untuk urusan-urusan administrasi ke KUI, perpustakaan dan lain-lain”, imbuhnya.

    Para mahasiswa asing ini merupakan mahasiswa undergraduate, exchange student dan program INCULS. Sebagian besar berasal dari Eropa, seperti Belanda, Perancis dan Jerman serta sebagian lagi berasal dari Asia, Korea, India, Cina dan Jepang.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here