More

    Ratusan Mahasiswa Adu Kreativitas dan Hasil Penelitian di Kampus Unram

    Ahmad Fauzan Sazli

    maskot pimnas unramMATARAM, KabarKampus – Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional kembali digelar di Universitas Mataram (Unram) Nusa Tenggara Barat. Pimnas dengan  tema  “Menjalin komunikasi dala mengusung tema “Mengukir prestasi untuk kejayaan bangsa” ini akan digelar mulai hari ini tanggal 09 hingga 13 September 2013.

    Dalam ajang ini para peserta dari berbagai kampus akan mempresentasikan penelitian, kreativitas, dan teknologi. Adapun gagasan dan penelitian yang akan mereka presentasikan adalah Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKMP), Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK), Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKMP), Program Kreativitas Mahasiswa Teknologi (PKMT), Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKMKC), Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis (PKMGT). Selain presentasi, juga akan digelar pameran produk dan poster PKM.

    - Advertisement -

    Pimnas ke 26 ini dibuka oleh M.Nuh, Menteri Pendidikan Nasional dan pidato selamat datang Rektor Unram kepada peserta Pimnas. Kemudian akan dilanjutkan dengan kirap atau pawai Pimnas keliling kampus Unram dan kota Mataram.

    Kegitana ini diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia, seperti Universitas Andalas, Universitas Negeri Yogyakarta, Haluoleo Kendari, Universitas Udayana, Universitas Riau, Universitas Syiah Kuala, Institut Teknologi Sebelas November, Universitas Hasanuddin, Universitas Lambung Mangkurat, dan sebagainya.

    Seperti ITS, dalam perhelatan Pimnas kali ini mereka mengirimkan 44 tim, yang masing-masing tim terdiri dari 7 tim dari PKMM, dan 6 tim dari PKMP. Adapun 11 tim lain yang tergabung dalam 5 tim PKMT dan 6 tim PKMGT.

    Sementara, UNY mengirimkan 17 tim yang terdiri dari, 2 tim PKMK, 9 tim PKMKC, 3 tim PKMPM, dan 2 tim PKMT dengan jumlah peserta 63 orang mahasiswa.

    Prof. Ir. H. Sunarpi, Ph.D., Rektor Universitas Mataram dalam sambutannya mengatakan, bahwa Pimnas adalah salah satu ajang kegiatan mahasiswa paling bergengsi yang diikuti mahasiswa berprestasi.

    “Penunjukan Unram sebagai tuan rumah Pimnas diharapkan memicu dan meningkatkan kreativitas mahasiswa Unram khususunya dan mahasiswa yang ada di provinsi NTB umumnya,” katanya Senin, (09/09/2013).

    Selain kegiatan utama yang berupa presentasi dan gelar produk PKM, juga akan digelar seminar Nasional di bidang  kepariwisataan, kegiatan gelar produk-produk khas NTB dan juga bazar. Pengenalan budaya  NTB lewat kuliner, produk alam dan tarian, juga merupakan bagian dari kegiatan penunjang.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here