More

    Sebanyak 500 Mahasiswa Ikuti Workshop Wirausaha Mandiri

    Ahmad Fauzan Sazli

    wmm

    BANDUNG, KabarKampus – Sebanyak 500 Mahasiswa mengiIkuti Workshop Wirausaha Muda Mandiri dan Mandiri Young Teknopreneur di Kampus Unpad, Bandung, Kamis, (26/09/2013). Kegiatan yang diselenggarakan Bank Mandiri dan Unpad ini diikuti mahasiswa dari 49 Perguruan Tinggi di Jawa Barat.

    - Advertisement -

    Workshop ini menghadirkan dua pembicara yang merupakan wirausahawan yang sukses, yaitu Nicko Widjaja, CEO dari Systec Group dan Wahyu Aditya, penggagas hellomotion dan Komite Desain Republik Indonesia.

    Dalam kesempatan itu, Nicko membuka pemaparan mengenai wirausaha yang dijalankannya. Melalui perusahaan yang dijalaninya, Nicko sukses melakukan investasi ventura kepada perusahaan rekanannya sehingga produknya kini banyak dipakai oleh publik. Nicko kini telah mengakuisisi situs Dwarapala, sebuah situs yang memudahkan seorang wirausaha untuk membuka toko online-nya.

    “Saya melihat peluang bahwa banyak rekanan perusahaan yang berpotensi dikembangkan lebih jauh. Ini inovasi, kalau kita pikir inovasi tersebut dapat memberikan solusi kenapa nggak?” ujar Nicko yang juga dosen di Universitas Pelita Harapan.

    Sementara itu, Wahyu Aditya memaparkan, wirausaha pun bisa dimulai dari hobi. Adit sehari-hari bergelut di bidang desain dan industri kreatif. Bisnis tersebut berawal dari kecintaannya terhadap menggambar dan berimajinasi yang telah dilakukannya sejak kecil.

    “Pada tahun 2006, saya mendirikan Kementrian Desain Republik Indonesia. Tujuannya, saya ingin menyebarkan gol mengenai semangat Indonesia melalui kekuatan audio visual,” katanya.

    Menurutnya, banyak sekali logo-logo departemen/lembaga di Indonesia yang kaku dan tidak menarik. Langkah awal saya adalah mengubah semua logo itu menjadi menarik,” ujar Aditya.

    Ide itu pun berbuah manis, banyak visitor yang berkunjung ke situsnya. Semakin berkembang, Aditya pun rutin menggelar lomba desain yang mampu meraup sekitar 12.000 potensial desainer dengan 200 karya perminggu.

    Aditya pun menyarankan para peserta workshop untuk mengikuti program yang menjadi CSR-nya Bank Mandiri. Diakuinya, meskipun ia menjadi finalis WMM sejak 4 tahun yang lalu, Bank Mandiri tetap mendukung dengan program jangka panjangnya.

    “Saya merasakan banyak impact sejak mengikuti program WMM, yaitu mendapatkan binaan tentang bisnis, memperluas jaringan, bahkan berkesempatan dikirim ke Amerika untuk menjadi pembicara dan menjual barang dagangan saya hingga habis terjual,” kata Aditya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here