More

    Unpad Raih Predikat The Most Popular Culture di Zakopane Festival di Polandia

    Ahmad Fauzan Sazli

    Tim pasir putih unpad

    Tim Pasir Putih Unpad. FOTO : Unpad

    - Advertisement -

    BANDUNG, KabarKampus – Mahasiswa Universitas Padjajaran berhasil meraih The Most Popular Culture di ajang Zakopane Festival of High Land Folklore yang berlangsung di Zakopane, Polandia pada 23 Agustus hingga 5 September lalu. Dalam ajang itu mahasiswa Unpad menampilkan berbagai seni tari dan musik dari berbagai daerah di Indonesia.

    Mahasiswa Unpad ini terdiri 30 mahasiswa dari berbagai fakultas di Unpad. Mereka tergabung dalam kelompok kegiatan bernama pasir putih.

    Ada pun dalam kesempatan itu seni tari yang mereka tampilkan antara lain, Tari Bajidor Kahot Jawa Barat, Tari Nandak Ganjen DKI Jakarta , Tari Tifa Maluku, Tari Lontar Nusa Tenggara Barat, Tari Tempurung Sumatera Barat, Tari Saman Aceh, dan Tari Janger Bali.

    Jody Pratama, (Geologi, 2010) selaku ketua Pasir Putih 2013 menuturkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 14 negara dan Indonesia merupakan satu-satunya perwakilan dari Asia. Meskipun Romania yang didapuk juri sebagai pemenang, namun kontingen Indonesia berhasil meraih predikat sebagai The Most Popular Culture.

    “Hal itu secara tidak langsung mengimplikasikan bahwa budaya kita sudah dikenal oleh bangsa-bangsa lain di dunia dan merupakan tantangan bagi kita untuk senantiasa melestarikan kearifan lokal bangsa,” jelas Jody, Senin, (16/09/2013).

    Zakopane Festival of High Land Folklore  diselenggarakan oleh CIOFF Polandia yang merupakan organisasi kebudayaan di bawah naungan UNESCO.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here