More

    Baju Menyusui Modis dan Nyaman Ala Mahasiswi UGM

    Ahmad Fauzan Sazli

    Baju menyusui mahasiswa UGM

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan pakaian khusus untuk mempermudah ibu  yang sedang menyusui. Pakaian ini di desain sedemikian rupa sehingga memudahkan Ibu menyusi tanpa memperlihatkan payudara.

    - Advertisement -

    Mahasiswa UGM tersebut adalah Yasmin Noor Afifah, Emlia Devy Indriasari, Putri Istiqomah Rizki Hidayatun, Jayanti Ayu Kusumastuti dari Fakultas Kedokteran, dan Fadiah Nur Amalina dari Jurusan Teknik Sipil. Mereka melabeli pakaian menyusui tersebut dengan nama Lakasuit

    “Pakaian ini akan memudahkan proses laktasi tanpa memperlihatkan keseluruhan payudara sehingga memberikan kenyamanan bagi ibu maupun orang disekitarnya,” kata kata Yasmin

    Menurutnya, pakaian yang dibuat berbeda dengan baju menyusui yang ada di pasaran. Baju yang mereka buat didesain dengan model bukaan tumpuk sehingga memudahkan ibu menyusui tanpa memperlihatkan keseluruhan payudara. Sementara kebanyakan baju menyusui didesain dengan bukaan atas atau bawah dengan resleting. Desain tersebut masih memungkinkan terilhatnya payudara.

    “Pakaian menyusui kami desain sedemikan rupa sehingga tidak terlihat seperti baju menyusui yaitu dengan desain casual dan formal sehingga ibu merasa nyaman dan fashionable,” tambahnya.

    Baju ini menggunakan bahan campuran katun dan spandek. Laktasuit dijual dengan harga yang cukup terjangkau mulai Rp.50 ribu untuk model manset hingga Rp.250 ribu untuk model dress bolero.  “Kalau baju menyusui yang ada di pasaran lebih mahal biasanya diatas Rp.400 ribu,”jelasnya.

    Laktasuit dibuat dalam tiga model yaitu berbentuk manset,  tank top, dan dress yang padukan dengan bolero batik.  Dalam memasarkan laktasuit mereka menggunakan sistem jualan online dan membuka stand di berbagai acara pameran  dan pasar seperti di Pasar Minggu Pagi UGM (Sunmor) dan XT-Square Jogja.

    Baju Laktasuit hasil karya lima mahasiswa muda ini tidak hanya menghadirkan alternatif pakaian untuk ibu menyusui. Namun, karya mereka mampu meraih medali perunggu kategori poster dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) di Mataram 9-13 September 2013 kemarin.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here