More

    Tantangan Ganda Mahasiswa Seni : Karya dan Promosi

    IMAN HERDIANA

    Tantangan mahasiswa seni di Indonesia di tengah persaingan global ada dua, yakni : membuat karya seni sekaligus mempromosikan karya kepada masyarakat. Dua tantangan ini pula harus memperhatikan aspek manajemen produksi.

    Pesona Pelangi Jawa Barat sebagai praktek mahasiswa ISBI Bandung dalam melakukan manajemen produksi. FOTO : IMAN HERDIANA
    Pesona Pelangi Jawa Barat sebagai praktek mahasiswa ISBI Bandung dalam melakukan manajemen produksi. FOTO : IMAN HERDIANA

    Gunara, Ketua panitia Pesona Pelangi Jawa Barat yang juga Ketua BEM ISBI Bandung, mengatakan Pesona Pelangi Jawa Barat sebagai praktek mahasiswa dalam melakukan manajemen produksi.

    - Advertisement -

    Acara juga sebagai kritik terhadap ISBI Bandung yang cenderung mempersiapkan mahasiswa dari segi skill, mulai seni musik,tari, rupa, tanpa memerhatikan manajemen produksi.

    “Manajemen produksi di ISBI hanya dipelajari dua SKS, seharusnya ada program studi tersendiri,” kata Gunara kepada KabarKampus, Minggu (18/12/2016).

    Menurutnya, mahasiswa seni menghadapi tantangan ganda, yakni harus berjuang membuat karya seni sekaligus bagaimana menjual atau memperkenalkan karyanya. Sebab, mahasiswa seni punya tanggung jawab menyejahterakan masyarakat melalui karyanya.

    Untuk itulah diperlukan manajemen. Maka lewat acara Pesona Pelangi Jawa Barat, kata dia, pihaknya ingin menunjukkan pentingnya membentuk program studi manajemen produksi.

    “ISI Solo dan ISI Yogyakarta memiliki program studi manajemen produksi. Kampus ISBI Bandung yang belum punya. Jadi ini aspirasi kami bahwa pentingnya manajemen produksi,” terangnya.

    Manajemen penting dalam mengatasi dana hingga fasilitas atau sarana-prasarana pentas. Ia menegaskan, fasilitas di ISBI Bandung pada dasarnya untuk mahasiswa. Tetapi mahasiswa masih kesulitan mengakses fasilitas tersebut.

    Untuk bisa menggelar Pesona Pelangi Jawa Barat, kata dia, pihaknya baru berhasil mendapatkan dana pada H min satu sebelum acara dari Belmawa Kemristek Dikti, itu pun jumlahnya minim.

    “Tapi Alhamdulillah kami panitia komitmen, karena ini presentasi kita,” katanya. Sebelum bisa mendapatkan dana, pihaknya sempat mengajukan bantuan ke Kemendikbud, namun ditolak.

    “Padahal acara kami ini melibatkan masyarakat, sekolah SD hingga SMA,” katanya. “Lewat acara ini kami juga ingin menunjukkan kepada Kemendikbud bahwa kami bisa. Bisa dibilang ini demonstrasi kami.”

    Pesona Pelangi Jawa Barat sendiri digelar di Kampus ISBI Bandung, Jalan Buahbatu No 212, Bandung, 16-18 Desember 2016. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here