More

    Jastel, Jas Hujan Fashionable dan Fungsional Karya Mahasiswa UGM

    Jastel, jas hujan fungsional dan fashionable karya mahasiswa UGM. Dok. UGM

    Fungsional dan fashionable, itulah kata yang tempat untuk menggambarkan jas hujan karya mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang satu ini. Bagaimana tidak, jas hujan yang dibuat, tak hanya bisa melindungi tubuh, namun juga mampu melindungi ransel sekaligus. Selain itu jas hujan ini pun memliki desain yang menarik dengan berbagai pilihan warna.

    Para mahasiswa yang membuatnya adalah mahasiswa geografi yang terdiri dari Ikhwan Arbi Kurniawan, Aji Purnomo, Syiva Fauzia Lestari dan Dwiana Wulandari. Mereka memberi nama jas hujan inovasi mereka dengan “Jansel”. Jansel merupakan salah satu karya yang lolos didanai Dikti pada ajang PKM bidang Kewirausahaan (PKM-K) tahun 2017.

    Arbi Kurniawan menjelaskan, model jas hujan yang berkembang saat ini hanya model atasan jaket dan bawahan yang dapat melindungi tubuh. Kalaupun dipaksakan untuk menutupi ransel, maka pada bagian bawah jas hujan akan terasa sempit dan memicu robeknya jas hujan.

    - Advertisement -

    Selain itu, ada pula model jas hujan “kelelawar” yang bisa melindungi tubuh dan ransel. Namun pemakaiannya kurang nyaman, tidak trendi dan kaki masih basah karena terkena hujan.

    “Jansel ini juga dapat digunakan untuk menggantikan penggunaan bag rain cover agar efisien,” kata Arbi, Rabu (14/06/2017).

    Arbi menjelaskan, Jansel yang dibuat, merupakan jas hujan yang tidak hanya melindungi tubuh namun juga melindungi barang-barang di dalam ranselnya. Tidak hanya multifungsi, Jansel dibuat dengan desain yang fashionable, pilihan warna yang lengkap dan menggunakan bahan yang ringan, halus, kuat dan tentunya anti air.

    Adapun ungkap Arbi, untuk ukuran tas yang mampu dilindungi adalah ransel dengan volume maksimal sebesar 25 liter. Sementara itu, kualitas jas hujan Jansel dilengkapi dengan lem pelapis di setiap jahitan agar air hujan tidak merembes.

    “Jansel dibandrol dengan harga lebih murah dari model jas hujan yang beredar di pasaran disamping segala kelebihannya,” tambah Syiva selaku Manajer Pemasaran.

    Nah bagi kamu yang sedang membutuhkan jas hujan, nampaknya Jansel ini cocok digunakan. Selain cocok digunakan saat menjalankan aktivitas dan berkendara di saat musim hujan. Jansel juga dapat menjadi pilihan jas hujan yang tepat bagi kalangan mahasiswa atau akademisi yang sering melakukan kuliah lapangan.

    Para mahasiswa berharap, kehadiran produk jas hujan ini diharapkan dapat memberi solusi bagi masyarakat luas saat beraktivitas dan berkendara di waktu hujan agar tetap produktif dengan tetap tampil trendi dan fashionable.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here