More

    Menjadi Pancasilais di Era Mega Data Global?

    Instrumen Teknis dan Instrumen Ideologis

    Terakhir, kita sebagai bangsa dan negara-bangsa Indonesia, perlu untuk kembali merumuskan ideologi kebangsaan kita saat ini dalam artian, memperteguh Pancasila dalam pola pikir dan pola perilaku kita hari ini.

    Teknologi yang terus berkembang dan maju pesat dalam era yang disebut sebagai Era Mega Data, hanyalah instrumen teknis yang harus dipadukan dengan instrumen ideologis dalam mempertahankan identitas dan memajukan karakter kebangsaan kita selama ini sebagai negara-bangsa yang telah mampu memerdekakan diri dan melahirkan Pancasila pada 17 Agustus 1945.

    Bahkan dengan kemerdekaan dan kedaulatan serta ideologi nasional tersebut, sejarah membuktikan kemampuan Indonesia memimpin bangsa-bangsa lainnya untuk juga memerdekakan diri mereka dan berdaulat sebagai negara di berbagai benua: Asia, Afrika, dan Amerika Latin.

    - Advertisement -

    Demikian refleksi keindonesiaan kita dalam memadukan instrumen teknis dan instrumen ideologis di abad ini, kita adalah negara-bangsa yang besar![]

    ***

    Penulis: Virtuous Setyaka, Dosen HI FISIP Unand, Mahasiswa S3 HI Unpad, Ketua Koperasi MDM, dan Anggota Gostrategy Study Club (GSC) Indonesia.

    - Advertisement -

    2 COMMENTS

    1. Saya seneng sekali bacanya, walaupun panjang dan agak lama juga,, tapi lebih lama lagi saya gugling arti kata2 yang saya gak tau di atas, banyak banget… udah nemu arti katanya, giliran kalimat2 nya yg tambah ga bisa saya fahami,, itu tandanya Otak Saya belum nyampe untuk baca apalagi bicara… Thanks udah menambah wawasan dan pengetahuan saya…

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here