More
    Home RAGAM WIRAUSAHA Membangun Model Bisnis yang Ideal

    Membangun Model Bisnis yang Ideal

    Delta Purna Widyangga

    Fisipol UGM kembali menggadakan kuliah online Kewirausahaan Sosial, sesi kedelapan. Tema kuliah sesi kedelapan kali ini adalah “How to build business model”.

    ⁣Delta Purna Widyangga Co-Founder Qiscus menjadi pengisi tamu kuliah online sesi kedelapan. Delta adalah praktisi Multi Channel Conversation Platform.

    Dalam kesempatan tersebut Delta yang merupaan lulusan Nanyang Technological University yang bertahun-tahun memiliki pengalaman pengembangan bisnis berbasis teknologi in membagika⁣n tips bagaimana membangun model bisnis yang ideal.

    - Advertisement -

    Membuat Bisnis Model yang Detail

    “Secara fundamental bisnis, kita harus memulai bisnis model dari menemukan masalah, siapa client potensialnya, benefitnya apa, solusi dan sumber daya untuk menciptakan solusi itu apa” tegas Delta.

    Selain itu, bisnis model harus merumuskan value perusahaan atau organisasi dengan jelas. Value itu yang akan menjadi acuan eksekusi.

    Delta siang itu juga membahas beberapa contoh bisnis model yang dikirimkan peserta kuliah online.

    Beberapa kelemahan yang sering terjadi ketika merumuskan bisnis model adalah terlalu umum. “Bisnis model harus spesifik dan jelas deskripsi setiap komponennya” tegas Delta memberi masukan pada peserta kelas

    Riska Dian (peserta kuliah) bertanya soal apa yang paling ideal untuk perusahaan, berorientasi pada biaya atau value perusahaan?

    “Tergantung dengan tipikal perusahaan, produk, dan pasarnya, dan itu harus dipastikan semua dapat dijalankan. Intinya semuanya perlu seimbang dalam setiap komponen” Jawab Delta.

    Delta mencontohkan pentingnya mengadopsi kesuksesan berbagai bisnis model yang sudah dijalankan. “Gojek, Bukalapak, Traveloka, dll bisa jadi acuan penting” tegas Delta.

    Delta juga mencontohkan kesuksesan Qiscus membangun bisnis multi-chat. Keberhasilan Qiscus menurut Delta tidak bisa dipisahkan dari tahap perumusan bisnis model.

    “Kami memiliki bisnis model yang selalu siap dikembangkan menjadi program, atau aktivitas baru untuk perusahaan kami” jelas Delta.

    Di akhir sesi kuliah Delta membagikan bahan bacaan kepada peserta kuliah online. “ Semoga bahan bacaan ini dapat membantu merumuskan bisnis model yang jelas dan detail” pungkas Delta.

    Siang itu kuliah online Kewirausahaan Sosial UGM  diikuti oleh 40 peserta. Kuliah juga bisa diikuti masyarakat umum melalui siaran Youtube. Tanpa bertemu langsung saat Wabah Covid, kita tetap bisa produktif.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here