More

    Koperasi Adalah Tuas untuk Melipatgandakan Kekuatan

    “Koperasi Adalah Tuas untuk Melipatgandakan Kekuatan”

    Begitulah penerjemahan bebas dan penyederhanaan kata-kata dari Jose Maria Arizmendiarrieta, pendiri Koperasi Mondragon pada tahun 1941, yang kini (sejak 2017) memiliki slogan “penambahan untuk melipatgandakan”. Salah satu pemikiran Arizmendiarrietta adalah “Tidak ada yang bisa mencapai apa pun dalam isolasi. Kita semua dibantu oleh orang lain, setiap waktu. Prestasi apa pun selalu, secara alami, merupakan sejumlah niat”. Di (Koperasi) Mondragon, pria dan wanita bekerja sama dan menggabungkan kekuatan dan (penuh) dedikasi. Orang-orang bersatu padu untuk mencapai hal-hal besar, untuk melipatgandakan hasil dan mencapai lebih banyak lagi.

    Internasionalisasi sangat penting untuk perkembangan bisnis Koperasi Mondragon. Sadar akan kebutuhan ini, mereka melakukan ekspor pertamanya di awal tahun 60-an dan pada tahun 1989 mengambil langkah kualitatif, dengan membuka pabrik manufaktur asing pertamanya di Meksiko. Sejak itu, berdasarkan strategi multi-lokasi, mereka telah berhasil menjadi perusahaan dengan profil global yang tinggi. Saat ini, mereka memiliki 9 kantor perusahaan internasional di Brasil, Rusia, India, Cina, Taiwan, Vietnam, Meksiko, dan AS; 125 pabrik produksi di luar negeri dan pabrik komersial di seluruh dunia. Koperasi Modragon telah menjadi proyek global dengan akar budaya yang mendalam di Negara Basque (Spanyol) dan pengkonsolidasian mereka hadir secara internasional.

    - Advertisement -

    Dalam hal pengorganisasiannya, terbagi menjadi empat bidang: keuangan, industri, distribusi, dan pengetahuan, dan saat ini menjadi grup bisnis Basque terkemuka dan kesepuluh terbesar di Spanyol. Filosofi bisnisnya tertuang dalam nilai-nilai usahanya: kerjasama, partisipasi, tanggung jawab sosial, dan inovasi. Misi koperasi menggabungkan tujuan inti dari organisasi bisnis yang bersaing di pasar internasional dengan penggunaan metode demokrasi dalam organisasi bisnisnya, penciptaan lapangan kerja, pengembangan sumber daya manusia dan profesionalitas para pekerjanya, dan janji bahkan sumpah untuk pembangunan lingkungan sosialnya.

    Bersambung ke halaman selanjutnya –>

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here