More

    Koperasi Adalah Tuas untuk Melipatgandakan Kekuatan

    Koperasi di Masa Krisis Akibat Pandemi?

    Ketika dunia menghadapi krisis kesehatan dan ekonomi akibat pandemi global Covid-19, koperasi dalam industri dan jasa mengatur ulang diri mereka, menemukan kekuatan dalam masyarakat dan komunitas. Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) memperkirakan hilangnya 6,7% jam kerja, setara dengan 230 juta pekerja penuh waktu, pada kuartal kedua tahun ini karena epidemi dan juga memperkirakan pengangguran global akan meningkat pesat selama tahun 2020. Meski mengalami kesulitan, koperasi menunjukkan kemampuannya untuk mengatur ulang diri, menemukan kembali diri, dan bekerja sama. Dalam berkoperasi, alih-alih menjadi tindakan kepahlawanan di saat krisis, kerja sama adalah cara hidup setiap hari. Selain itu, kata kunci dalam berkoperasi yang intinya adalah bekerja sama yaitu solidaritas. Demikian disampaikan oleh Iñigo Albizuri Landazabal, Presiden CICOPA; Giuseppe Guerini, Presiden CECOP; dan Luis Alvez, Presiden CICOPA Americas (2020). CICOPA adalah Organisasi Internasional untuk Koperasi Industri dan Jasa, mengumpulkan 49 anggota dari 32 negara, yang berafiliasi dengan 65.000 perusahaan yang mempekerjakan 4 juta orang di seluruh dunia. CICOPA adalah organisasi sektor dari International Cooperative Alliance (ICA) sejak 1947 dan memiliki dua organisasi regional: CECOP-CICOPA Eropa dan CICOPA Amerika.

    Pada Juni 2018, CICOPA menerbitkan sebuah publikasi “Studi Global tentang Kewirausahaan Koperasi Pemuda”, sebagai bagian dari kampanye “Kami memilikinya! Masa depan pekerjaan adalah milik kita”. Studi ini didasarkan pada penelitian pustaka dan survei online yang melibatkan 64 koperasi pemuda di lima benua, dan menunjukkan bagaimana – dalam dunia kerja yang sangat dipengaruhi oleh perubahan demografis, globalisasi, inovasi teknologi, dan pengangguran kaum muda – koperasi dapat menjadi alat konkret di tangan kaum muda untuk meningkatkan pekerjaan dan kondisi kewirausahaan mereka. Studi ini mengungkapkan gambaran yang cukup segar dan dinamis tentang koperasi pemuda yang ikut serta dalam survei. Mereka terutama aktif di sektor jasa, dan sangat terlibat dalam kegiatan yang membutuhkan tingkat pelatihan tertentu, pengetahuan dan keterampilan khusus (misalnya telekomunikasi dan teknologi informasi, pemrograman, kegiatan hukum dan akuntansi, manajemen, konsultasi, penelitian, pemasaran). Dalam kebanyakan kasus, mereka adalah usaha mikro atau kecil dan telah melaporkan kinerja ekonomi yang positif dan tren yang meningkat atau stabil dalam penciptaan lapangan kerja dalam beberapa tahun terakhir. Mereka mengungkapkan kesetaraan gender dalam posisi manajemen dan sangat tertarik untuk menerapkan metode organisasi baru dalam praktik bisnis mereka (misalnya, organisasi tempat kerja dan praktik tata kelola).

    - Advertisement -

    Studi global juga menunjukkan bagaimana koperasi dapat memainkan peran penting dalam menanggapi tantangan baru yang diperkenalkan oleh pekerjaan baru-baru ini dan transformasi ekonomi yang mempengaruhi generasi baru. Misalnya, mereka dapat “menyuntikkan” demokrasi dan partisipasi dalam ekonomi digital, dengan memberikan kepemilikan dan kendali kekuasaan kepada orang-orang yang menggunakan dan bekerja melalui platform online. Melalui tata kelola partisipatif, mereka adalah laboratorium di tangan kaum muda untuk eksperimen bentuk manajemen kerja yang inovatif dan berkelanjutan.

    Bersambung ke halaman selanjutnya –>

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here