More

    Dari Layanan Pengaduan Hingga Informasi Publik, Pemkot Bandung Juaranya

    Bandung Command Center. (Google Maps)

    Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berinovasi dan mengakselerasi pelayanan kepada masyarakat untuk mendukung upaya peningkatan pelayanan publik demi terwujudnya pelayanan prima menuju Bandung World Class City.

    Pelayanan tersebut mulai dari pelayanan pengaduan, kegawatdaruratan, hingga kebutuhan Informasi publik yang semuanya berada dalam komando Sub Koordinator Keterbukaan Informasi Publik Diskominfo Kota Bandung, Yusuf Cahyadi.

    Berikut layanan unggulan Kota Bandung tersebut:

    - Advertisement -
    1. Bandung Command Center (BCC)
      Salah satu program ‘kojo’ yang dimiliki Pemkot Bandung adalah Bandung Command Center (BCC). Bahkan, sejumlah negara pun telah menjalin kolaborasi dengan Kota Bandung melalui program ini.

    Salah satunya Pemkot Petaling Jaya (PJ) Malaysia sangat terinsipirasi dengan BCC milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Bahkan, mereka bisa menjadi kota pertama di Malaysia yang memiliki command center untuk pengembangan smart city.

    BCC tak hanya berbicara mengenai pemantauan keamanan Kota Bandung. Namun, juga seluruh layanan terintegrasi dalam server BCC.

    Sub Koordinator Keterbukaan Informasi Publik Diskominfo Kota Bandung, Yusuf Cahyadi menyampaikan, saat ini Pemkot Bandung tengah berupaya menciptakan aplikasi untuk mengurangi interaksi pelayanan masyarakat di masa pandemi. Aplikasi ini terintegrasi dengan BCC di mana di dalamnya terdapat aplikasi Pelindung, Lapor dan layanan 112.

    Berlandaskan inovasi ini, Pemkot Bandung masuk dalam Top 50 Smart City Government Rankings yang dirilis oleh Eden Strategy Institute pada Maret tahun silam.

    “Kota Bandung menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang masuk 50 besar. Kita berada di peringkat 28, diapit oleh Kota Oslo Swedia (peringkat 27) dan Kota Hangzhou Cina (peringkat 29),” jelasnya.

    Bersambung ke halaman selanjutnya –>

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here