More

    Doing Good, Make Money, Selamat Jalan Bang Prof. Helmi

    Apa Kabar KMDM?

    Begitulah pertanyaan yang selalu menjadi awal diskusi ketika berjumpa dengan Abang Prof. Setelah beliau menjadi salah satu Anggota Koperasi Mandiri Dan Merdeka (KMDM). Saya ingat beliau menghubungi melalui WhatsApp (WA) ketika itu untuk bertanya apakah boleh bergabung dengan koperasi yang diinisiasi oleh Dosen-Dosen Muda Universitas Andalas pada Januari 2020 tersebut. Maka dengan antusias saya menyambutnya dan bertanya mengapa Bang Prof mau bergabung dengan KMDM?

    Beliau menjawab dengan sangat bijak bahwa beliau merasa terpanggil untuk kembali menghidupkan koperasi. Beliau mengakui bahwa sejak tahun 1970-an mempertanyakan mengapa koperasi tidak bisa berkembang dengan baik di Indonesia? Ketika beliau tahu bahwa saya dan teman-teman menginisiasi sebuah koperasi, beliau berharap akan menjadi koperasi yang berbeda dari koperasi yang selama ini beliau kenali.

    - Advertisement -

    Bang Prof merupakan seorang profesor dalam pembangunan pertanian di Universitas Andalas. Beliau menyelesaikan master dalam studi-studi pembangunan sosial di Ateneo de Manila University di Filipina, dan doktoral ekonomi agrikultur di University of London (Wye College) di Inggris.

    Bang Prof dikenal sebagai orang yang banyak terlibat dalam berbagai forum akademik dan forum kerja sama tidak hanya di tingkat lokal dan nasional, namun juga di tingkat internasional. Saya pernah menelusuri jejak-jejak beliau melalui internet dengan google search engine, dan saya menemukan bahwa beliau menjadi salah satu pionir dalam forum kerja sama internasional untuk pembangunan pertanian.

    Diantara banyak karya beliau yang paling banyak dikutip orang lain adalah “Pengembangan Irigasi Kecil dalam Konteks Wilayah Sungai: Pengalaman Sumatera Barat dan Bali”. Beliau sebagai penulis bersama John S. Ambler) dan merupakan sebuah bab dalam buku berjudul Irigasi di Indonesia: Strategi dan Pengembangan yang diterbitkan pada tahun 1991.

    Bersambung ke halaman selanjutnya –>

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here