More

    Kisah Jamal, Anak yang Harus Kehilangan Dua Tangannya

    IMAN HERDIANA

    Jamaludin Muhammad (6), masih mendapat perawatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Jamal, demikian bocah asal Garut ini biasa disapa, harus kehilangan kedua tangannya dalam sebuah kecelakaan di kampungnya.

    Jamaludin Muhammad (6) dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung setelah operasi. Bocah asal Garut ini kehilangan kedua tangannya. FOTO: Humas RSHS
    Jamaludin Muhammad (6) dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung
    setelah operasi. Bocah asal Garut ini kehilangan kedua tangannya. FOTO: Humas RSHS

    Kecelakaan itu membuat tangan kiri Jamal putus sebahu, sedangkan tangan kanannya luka parah. Tim dokter RSHS kemudian mengamputasi tangan kanan Jamal. Lalu Senin, (31/01/2017), Jamal kembali menjalani operasi kedua, kali ini operasi dilakukan untuk mebersihkan luka pasca-operasi amputasi.

    - Advertisement -

    “Pada operasi kali ini kami bersama dokter bedah plastik melihat apakah ada beberapa jaringan yang sudah mati dan langsung membersihkannya, misalnya ada juga kulit yang kering, dan lain-lain,” terang Dokter Penanggung Jawab Pasien, dr. Ghuna Arioharjo Utoyo,
    Sp.OT, melalui siaran pers yang diterima KabarKampus.

    Menurutnya, proses penyembuhan pasca-operasi akan cepat. Ia memperkirakan setelah kondisi Jamal membaik, baru akan dilakukan persiapan pemasangan tangan palsu.

    “Persiapan pemasangan tangan palsu diperkirakan membutuhkan waktu satu bulan,” katanya.

    Kisah pilu Jamaludin Muhamad menarik simpatik banyak kalangan. Mulai dari pemerintah provinsi Jawa Barat, Bupati Purwakarta, berbagai komunitas dan organisasi, hingga artis yang sedang naik daun Stefan William pemeran si Boy.

    Stefan William datang bersama istri, Celine Evangelista, Selasa (31/01/2017), setelah mengetahui pernyataan orang tua Jamal yang menceritakan anaknya mengidolakan Stefan “si Boy”.

    Pihak RSHS menyambut baik empatik yang terus mengalir, dan berharap empatik tersebut menambah semangat Jamal untuk pulih maupun makin mendorong semangat tim dokter yang merawat. Jamal adalah putra pasangan Heriyadi (28) dan Lisnawati (23), warga Kampung Cisanta, RT 03 RW 04, Desa Cikarang, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

    Sehari-hari, Heriyadi kerja serabutan. Kadang dia membuat bata. Jamal kehilangan tangannya karena terlindas mesin pembuatan bata di tempat kerja bapaknya, Sabtu (21/01/2017). Waktu itu, Jamal sedang bermain di tempat kerja bapaknya tersebut.

    Sementara itu, akun Instragram @natta_william memuat foto kunjungan si Boy dan istri. Dari foto itu tampak Jamal menatap si Boy. “Tatapan Adek Jamal…lihatin Stefan…,” tulis @natta_william.

    “Yaa Tuhan…sungguh cobaan yang kau berikan kepada sosok Jamal ini…..semoga Engkau memberikan kekuatan juga ketabahan berlebih…. untuk Adek Jamal dalam menjalani masa depannya kelak….Amin.”

    Bagi masyarakat yang ingin memberikan bantuan untuk Jamal, bisa menyalurkan donasi ke nomor rekening orang tua Jamal: 171701000697530/BRI atas nama Heriyadi (bapaknya Jamal). []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here