More

    Mengenang 1 Tahun Perjuangan Sondang, Mahasiswa UBK Demo di Depan Istana

    Ahmad Fauzan Sazli

    Sejumlah mahasiswa UBK membawa spanduk Mengenang 1 Tahun Perjuangan Sondang Hutagalung di depan Istana Negara, Jakarta, Jumat, (07/12/2012). FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    - Advertisement -

    JAKARTA, KabarKampus – Sekitar lima puluh mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK) menggelar aksi di depan Istana Negara, Jakarta, Jumat, (07/12/2012). Aksi tersebut merupakan peringatan satu tahun aksi bakar diri Sondang Hutagalung di depan Istana Negara.

    Dalam aksinya mahasiswa membawa spanduk, baliho, dan foto Sondang Hutagalung.  Mereka juga melakukan tabur bunga di atas foto Sondang  dan melakukan orasi secara bergantian.

    “Aksi bakar diri Sondang Hutagalung kawan seperjuangan kami merupakan titik klimak dari kekecewaannya atas pemerintahan saat ini,” kata afditya humas aksi UBK.

    Menurutnya, kekecewaan itu karena banyak persoalan menyangkut hak-hak rakyat miskin yang sampai detik ini belum terselesaikan. Sondang menilai pemerintah belum bisa menyelesaikan persoalan-persoalan HAM, Korupsi dan belum mampu menyejahterakan rakyat.

    “Kami atas nama mahasiswa UBK  menyatakan akan terus mengawal perjuangan Sondang. Dari perjuangannya semoga bisa membuka hati nurani presiden untuk menyelesaikan kasus-kasus HAM di Indonesia,” tambah Afditya.

    Aksi yang sempat diguyur hujan tersebut mendapat pengawalan ketat polisi. Setelah menggelar aksi selama sekitar dua jam mahasiswa kemudian membubarkan diri. Mereka berjanji akan menggelar aksi pada hari Senin, 10/12/2012 mendatang untuk memperingati setahun wafatnya Sondang.

    Sondang Hutagalung adalah mahasiswa Hukum UBK 2007. Ia melakukan aksi bakar diri di depan Istana pada hari Kamis sore, 07/12/2011). Aksi tersebut membakar hampir seluruh tubuhnya. Sondang sempat dilarikan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Namun, tiga hari kemudian Sondang menghembuskan nafas terakhirnya di RSCM, Jakarta.[]

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here