More

    Mengatasi Sakit Gigi Dengan Ramuan Tradisional

    Endah Kemala

    05 06 2013 ilustrasi sakit gigiPernah tiba-tiba sakit gigi atau gusi akibat gigi berlubang? Pasti sangat mengganggu aktivitasmu. Apalagi kalau sakit gigi ini tiba-tiba datang ketika kamu sedang mengikuti perkuliahan di kelas. Jangankan bisa konsentrasi mengikuti perkuliahan, kamu harus setengah mati menahan sakit agar tidak terlihat meringis.

    Sebagai penyakit yang kecil dan sederhana, sakit gigi ini sangat mematikan. Gak hanya nyeri pada gigi, tapi kepala bisa menjadi ikut nyut-nyutan dan mual. Bahkan kamu harus hati-hati, gak sedikit orang yang sampai pingsan karena gak tahan dengan sakit gigi.

    - Advertisement -

    Nah, kalau tiba-tiba kamu kena sakit gigi dan gak mampu untuk ke dokter gigi, berikut ada beberapa ramuan sederhana dan tradisional untuk mengatasinya.

    1. Terlebih dahulu siapkan dua sendok madu dan dua butir cengkeh, beri sedikit garam dan haluskan. Ambil kapas sedikit saja dan celupkan ke dalam ramuan tadi. Tempelkan kapas itu pada gigimu yang sakit atau berlubang selama 15 menit. Maka kamu akan segera merasakan khasiatnya.

    2. Selain menjadi bumbu masakan, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk membuat ramuan. Jangan remehkan hanya karena baunya yang gak enak, tapi kandungan antiseptik alami di dalamnya cukup ampuh lho untuk mengobati sakit gigi dan gusi bengkak. Cukup satu siung bawang putih yang sudah dikupas kulitnya dan dicampur dengan garam, kemudian haluskan. Campuran itu, dimasukan ke dalam gigi yang berlubang. Bisa juga dioleskan pada gusi yang bengkak. Jangan kaget apabila kamu merasakan reaksi alami seperti panas, dan gak enak di lidah. Sedikit ditahan ya.

    3. Selain cengkehnya, minyak cengkeh ini juga bisa manfaatkan ketika sakit gigi. Tapi kamu harus membeli minyak cengkeh ini terlebih dahulu di apotik atau toko jamu terdekat. Ambil sedikit saja potongan kapas sebesar lubang gigimu, dan basahkan dengan minyak cengkeh dengan cara kapas dijepit menggunakan jepit kapas. Kemudian masukan ke bagian lubang gigi. Ada yang harus kamu perhatikan. Berhati-hatilah, jangan sampai minyak menetes, dan mengenai mulut. Kamu harus memeras dulu kapasnya agar minyaknya benar-benar tidak akan menetes. Apabila mengenai bagian mulut rasanya tidak enak dan sangat panas. Akan lebih baik jika kamu meminta bantuan orang lain untuk memasukannya ke dalam gigi yang berlubang.

    Sakit gigi karena gigi berlubang itu salah satu keteledoran kamu dalam merawat gigi. Jadi dari sekarang sebaiknya kamu rajin sikat gigi minimal 2 kali sehari, dan jangan lupa untuk berkumur sehabis makan.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here