More

    Amerika Latin di Kampus Budi Luhur

    Ahmad Fauzan

    JAKARTA,KabarKampus– Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Budi Luhur gelar Festival Kebudayaan Amerika Latin di kampus Universitas Budi Luhur, Jakarta (19/10). Acara yang dihadiri  kedutaan besar dari negara Amerika Latin seperti Cuba, Argentina dan  Equador ini  menampilkan ragam acara kebudayaan Amerika latin diantaranya pemutaran film, musik dan beragam diskusi.

    Acara ini  dibuka dengan karnaval kebudayaan Amerika Latin. Ada sekitar 30 mahasiswa universitas budi luhur menggunakan  pakaian latin, diiringi kuda, berkeliling kampus. Mereka menarikan  Chacha, salah satu tarian Cuba.

    - Advertisement -

    Menurut Fitri Fahrunessa,  ketua panitia acara, selama ini kebudayaan latin kurang diekspose di media massa. Masyarakat hanya tahu dengan Maradona atau sepak bolanya. Banyak kebudayaan latin yang menarik seperti  kesenian Salsa dan aneka  kostum Amerika Latin.

    “Kami menyiapkan acara ini hampir satu tahun. Mengundang para duta besar  untuk datang tidaklah gampang,” ungkap Fitri.

    Masing-masing negara latin memamerkan  kebudayaannya, seperti  Cuba, memamerkan  cerutu, minuman Havana Cuba, alat musik perkusi,  poster  Fedel Castro, serta cd , musisi asal kuba yang yang terkenal menggunakan gitar Spanyol dan perkusi , Alvarez.

    Nadia penanggung jawab stand negara Cuba, lancar menjelaskan barang-barang  asal  kuba yang baru ia pelajari. “Semua barang pameran dipinjamkan kedutaan Cuba di Indonesia. Barang ini milik salah satu staff  di sana,” ujar Nadia.

    Damiris Morales, pelatih salsa asal Cuba mengatakan ia senang banget dengan acara seperti in. Menurutnya event ini akan menjalin  hubungan diantara Indonesia dan latin.

    “Sebenarnya ada banyak kebudayaa negara latin yang Indonesia belum tahu, seperti salsa, chacha, mambo, regae thong,”ungkap Domiris dengan bahasa Indonesia lancar. Damiris tinggal di Indonesia sejak tahun 2002, dia di undang ke Indonesia untuk mengajarkan Salsa di daerah Kemang di Jakarta.

    Sore ini ada pemutaran film dokumenter Argentina dan film Cuba berjudul “Living Dangeriously”. Nanti malam akan ada regae night yang dimulai pukul 19.00 WIB. “Silakan datang ke kampus kami, acaranya gratis.” kata Fitri.

    Festival Kebudayaan Amerika Latin akan berakhir 20 Oktober 2011. Ditutup dengan pertunjukkan kolaborasi antara keseniaan latin dan Indonesia. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here