More

    HIPMI Cetak Wirausahawan dari Kampus

    Asep Saefullah

    SURAKARTA, KabarKampus – Untuk mendorong mahasiswa bergerak pada sektor wirausaha, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Surakarta menggandeng beberapa universitas, seperti Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Surakarta, dan Universitas Tunas Pembangunan.

    Menurut Ketua HIMPI Surakarta, Farid Sunarto program tersebut bertujuan untuk memberi motivasi kepada mahasiswa agar mau berwirausaha. “Mereka diberi pelatihan manajemen usaha dan cara pemasarannya. Kami sediakan instruktur dan tempat magang,” kata Farid seperti dilansir dalam situs TEMPO interaktif, (6/10).

    - Advertisement -

    Program mencetak wirausaha baru ini dibuat, lanjut Farid, lantaran sektor perdagangan dan jasa membutuhkan pelaku usaha kreatif. “Kami menilai mahasiswa adalah sosok anak muda inspiratif, cerdas dan tangguh,” imbuhnya.

    Hingga kini, HIPMI Surakarta telah melatih sekitar 250 mahasiswa. Menurut Farid, menjadi wirausahawan sukses tidak sekadar ikut pelatihan, tetapi juga praktik lapangan. “Justru yang paling penting keinginan menjadi wirausaha,” kata Farid. Targetnya, minimal 25 persen dari seluruh peserta terjun menjadi wirausaha. “Meski nantinya, tetap ada seleksi alam yang menentukan seseorang bisa bertahan atau tidak,” tambahnya.

    Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Kewirausahaan UNS, Eddy Triharyanto, mengatakan sejak 1998 dirinya melatih mahasiswa agar bersedia terjun ke dunia wirausaha. “Kami tanamkan motivasi agar mereka mau terjun berwirausaha. Kami tanamkan motivasi bahwa wirausaha bisa menjadi pilihan karier,” katanya.

    Setiap tahun, rata-rata 30 mahasiswa dilatih cara memulai usaha, mengembangkan, dan memasarkan produknya. Praktik usaha usaha 1-2 bulan dilakukan di 300 mitra usaha UNS di bidang agribisnis, jasa, ritel, kerajinan rumah tangga, dan sebagainya. “Kami memilih mitra industri kecil dan menengah. Ini cocok bagi mereka yang ingin belajar memulai usaha,” imbuh Eddy.[]

    - Advertisement -

    2 COMMENTS

    1. Saya sangat tertarik dengan HIMPI dan artikel ini ,
      Bagaimana jika saya ikut dalam berpartisipasi , apakah bisa ?
      Dan jika bisa apa saja langkahnya atau struktur nya ?
      Terimakasih .

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here