More

    Roadshow FFI Berakhir di Bandung

    Prabowo Setyadi

    Jason Iskandar FOTO : PRABOWO SETYADI

    Setelah Surabaya, Yogyakarta, Solo dan Malang, kini giliran Bandung sebagai kota terakhir yang disinggahi dalam Roadshow Festival Film Indonesia 2011. Acara digelar Rabu, 23 November 2011 di Bale Rumawat Universitas Padjadjaran Bandung.

    Dalam Safari FFI tersebut diputar beberapa karya peserta dari kompetisi film bioskop, pendek dan  dokumenter yang saat ini tengah dalam proses penjurian. Selain pemutaran film, ada juga diskusi yang menghadirkan para pembuat film, seperti Putrama Tuta (Sutradara Catatan Harian Si Boy) dan Jason Iskandar (Sutradara Tanya Jawab). “Safari FFI 2011” merupakan sebuah program  pemutaran film – film peserta Festival Film Indonesia.

    - Advertisement -

    Mengenai adanya perubahan sistem penjurian dalam seleksi FFI 2011 ini, dimana penjurian dilakukan oleh berbagai profesi dari editor film, bagian casting, kameramennya hingga bagian lighting.

    Menurut Ninoi Gading sinematografer dari film “Tanya jawab”, yang menariknya sekarang ini juri-juri nya dari beragam profesi. Mulai dari bagian casting, cameramen, sutradara, editor film hingga bagian pencahayaan. Itu yang membuat penjurian makin beragam dan tidak ada dominasi dari satu genre film. Semua berhak menilai.

    Sedangkan menurut Putrama Tuta,”Untuk membuat sesuatu hal yang baru dan bagus ya harus dimulai dengan yang baru juga agar tujuan untuk perbaikan-dan perubahannya kena. Mungkin itu yang panitia FFI 2011 lakukan sekarang dengan sistem penjurian yang baru agar film-film Indonesia tidak lagi dikatakan sebagai film sampah.”

    Selain sebagai sosialisasi, kegiatan Safari FFI merupakan wujud komitmen awal panitia agar FFI 2011 menjadi agenda seluruh masyarakat Indonesia. Harapan yang timbul dalam kegiatan ini yaitu apabila masyarakat sudah tumbuh rasa memiliki, maka apresiasi terhadap film Indonesia dan kegiatan FFI meningkat pula.  Ini sesuai dengan tagline FFI, “Perbaikan Membership Perubahan”.

    Panitia FFI 2011 juga menyiapkan pengumuman Nominasi Piala Citra dan Vidia di Jakarta pada tanggal 27 November 2011. Pengumuman Anugerah Piala Vidia di Kalimantan Timur dan Anugerah Piala Citra di Jakarta pada tanggal 10 Desember 2011. []

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here