More

    Kisah KKN Mahasiswa UIN Jakarta

    Ramadhaniati Marchelina – Jurnalistik 09 UIN Jakarta

     

    - Advertisement -

    Menginjak semester tujuh, seluruh mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). KKN kali ini dilaksanakan di Desa Sukajadi, Kampung Kokoncong, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

    Sebanyak 21 mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan terjun ke masyarakat untuk melaksanakan program kerja yang sudah disusun.

    Kegiatan yang bertajuk Semangat, Mendidik, Aktif, Rajin, Terampil (SMART) 2012 diisi dengan sejumlah kegiatan seperti, khitanan massal, bakti sosial, pengobatan gratis, cek kesehatan gratis, bazaar pakaian layak, seminar penyuluhan pertanian, seminar pelatihan jurnalistik, festival cinta Indonesiaku, festival anak Islam, perbaikan sarana dan prasarana, pesantren kilat, pertandingan futsal, festival layang-layang, dan sebagainya.

    Tim KKN SMART juga mendapatkan banyak pengalaman selama sebulan berada di desa Sukajadi.  Warga desa sangat menerima kedatangan kami.

    Di desa ini perlombaan 17 Agustus dilakukan lebih awal. Acara ini diikuti anak-anak hingga orang tua. Mereka mengikuti  dengan sangat antusias. Keceriaan, kesedihan, haru, tergambar di wajah mereka.

    Pengalaman yang paling berharga adalah saat bertemu dengan teman-teman baru yang berbeda suku, sifat, sikap, jurusan, dan fakultas. Namun, dari perbedaan itu ada banyak cerita yang dikisahkan selama sebulan di sana.

    Setiap malam kami selalu mengadakan evaluasi, diselipkan dengan nyanyian, candaan, cerita, tangis, tertawa, haru, suka duka  selalu kami rasakan selama sebulan. Terkadang kegiatan ini menjadi membosankan, karena air di rumah yang ditempati mahasiswi, aliran airnya tidak lancar. Sehingga mahasiswi harus menumpang mandi di rumah warga. Tapi itu semua bisa kita lewati dengan senyuman kebahagiaan dan inilah sebuah keluarga baru yang terbentuk yaitu KKN SMART.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here