More

    Paduan Suara Unair Juara di Tingkat Dunia

    Arina Damayanti

    Paduan Suara Universitas Airlangga (PSUA) menorehkan prestasi gemilang dalam acara “8th International Warsaw Choir Festival Varsovia Cantat” di Warsawa, Polandia, 26-28 Oktober 2012.

    - Advertisement -

    PSUA meraih dua gelar untuk kategori Mixed Choirs Adults dan Equal Voices Choirs.

    Tentunya nggak gampang bisa lolos seleksi festival bergengsi ini. Sebelum tampil di panggung, setiap kelompok paduan suara harus mengirimkan contoh rekaman suara (audio) kepada pihak penyelenggara. Lalu diseleksi.

    Pelatih sekaligus konduktor PSUA, Yosafat Rannu Leppong mengatakan,”Dalam seleksi itulah PSUA lolos dan menjadi satu-satunya tim yang berasal Asia dan masuk menjadi salah satu diantara 10 negara peserta,” seperti dilansir UNAIR.AC.ID, Jumat (09/11/2012).

    Menurut sang Pelatih, saingan terberat PSUA dalam festival tersebut adalah tim yang datang dari negara-negara Eropa seperti Slovenia dan Latvia. Tetapi dengan keyakinan yang kuat akhirnya 42 mahasiswa Unair berhasil mempersembahkan prestasi gemilang.

    Hebatnya mereka membawakan lagu-lagu daerah Indonesia seperti lagu “Ahtoi Porosh”, lagu khas daerah Dayak, Kalimantan. Selain itu PSUA Unair membawakan lagu “Ave Maria”, “Usnijze Mi Usnij” dan ”De Profundis”. Dan juri memutuskan bahwa PSUA menjadi yang terbaik untuk katetori Mixed Choirs Adults.

    Sedangkan untuk kategori Equal Voices Choirs, PSUA membawakan lagu ”O Vos Omnes”, ”Gunung Salahutu”, ”Alleluia” dan ”Tenebrae Factae Sunt”.

    Citarasa etnik dalam komposisi lagu itu yang menjadi pesona dalam “8th International Warsaw Festival Varsovia Cantat”. Etnik menciptakan kekhasan yang tidak dimiliki oleh peserta lain. Selain itu, untuk menambah daya tarik, Yosa pun memberikan sentuhan koreografi dalam pertunjukkan PSUA.

    Prestasi yang diraih Paduan Suara Unair bukanlah tanpa kerja keras.

    “Prestasi PSUA merupakan hasil jerih payah dan kedisiplinan dalam berlatih yang dilakukan anggota selama ini. PSUA melakukan persiapan yang matang untuk mengatasi “lawan-lawan” dari negara eropa,” ujar Ketua UKM Paduan Suara Unair, Martinus Richard Norin Reswa.

    Selamat untuk Paduan Suara Universitas Airlangga! []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here