More

    Pameran Foto “Aliran Kehidupan di Sungai Citarum”

    21022013 pameran foto sungai citarum_prabowo_kaka

    Mahasiswa memperhatikan karya foto dalam Pameran Foto bertajuk “Aliran Kehidupan di Sungai Citarum” di Aula Timur ITB Bandung. FOTO : PRABOWO SETYADI

    Prabowo Setyadi
    Sebanyak 100 foto mengenai kondisi sungai Citarum dari hulu sampai hilir dipamerkan di Campus Center Aula Timur ITB Kota Bandung, Jalan Ganesa, Kota Bandung. Kamis (21/02/2013). Pameran foto tersebut bertajuk “Aliran Kehidupan Di Sungai Citarum”.

    - Advertisement -

    Foto-foto yang dipameran merupakan rekaman kehidupan warga disekitar aliran Sungai Cikapundung, tentang pengalihan fungsi hutan di Hulu Sungai Citarum menjadi area ladang sayur, banjir di sekitar aliran Sungai Citarum, dan foto dokumentasi udara kondisi Sungai Citarum.

    Menurut Donny Azdan, Ketua Sekretariat Roadmap Coordination Management Unit Bappenas, “Pameran ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada seluruh lapisan masyarakat mengenai permasalahan di Sungai Citarum dari hulu sampai ke hilir.”
    Masih menurut Donny Azdan, Citarum Roadmap membutuhkan pendekatan komprehensif, multi-sektor, dan terpadu untuk memahami serta mencari alternatif penyelesaian masalah kompleks seputar air dan lahan wilayah Sungai Citarum.

    “Program Citarum Roadmap ini melibatkan Pemerintah Pusat, dan Provinsi. Termasuk 13 Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Barat. Pemilihan Sungai Citarum dikarenakan memiliki aset yang sangat besar yang menjadi tumpuan warga Jawa Barat dan DKI Jakarta,” ungkap Donny.

    Kegiatan pameran foto “Aliran Kehidupan di Sungai Citarum” merupakan bagian dari informasi publik untuk menyebarkan informasi hasil dari kegiatan dokumentasi visual di Citarum. Hingga kini telah teridentifikasi lebih dari 80 jenis program penyelamatan Citarum dengan perkiraan kebutuhan pembiayaan mencapai Rp 35 triliun. Pameran ini berlangsung dari tanggal 21-23 Februari 2013. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here