More

    Buku Harian Visual Rony Zakaria Dalam “Ecounters”

    Ahmad Fauzan Sazli

    15 03 2013 Pameran Foto Rony

    Sejumlah pengunjung mengamati pameran foto Ecounters karya Rony Zakaria di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Jumat, (15/03/2013). FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    - Advertisement -

    Rony Zakaria, seorang fotografer muda meluncurkan karya foto perjalanannya sebagai fotografer dalam pameran foto bertajuk “Ecounters : A Visual Journey” di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Jumat,  (15/03/2013). Dalam pameran tersebut Rony menyajikan foto-foto momen kecil dalam kehidupan sehari-hari yang ditangkap oleh kameranya.

    Foto-toto itu diantaranya, foto seorang laki-laki berseragam menodongkan pistol ke kepala laki-laki lain yang tidak menggunakan pakaian sambil berjongkok di Jakarta, foto tiga orang-laki-laki sedang bermain judi mesin di Jakarta, serta seorang anak laki-laki menggunakan baju bola dengan nama Gonzales di belakangnya di atas sebuah jembatan penyebrangan.

    Selanjutnya dari deretan 32 foto yang dipamerkan, terdapat  satu foto yang dicetak besar yakni foto anjing yang sedang marah dan mengeluarkan gigi taringnya di Filipina.

    “Foto-foto ini diambil saat saya sedang berjalan-jalan di dalam kota atau hal-hal yang tak sengaja saya temui saat tengah berpergian,” kata Rony di sela-sela pamerannya.

    Menurut Rony, foto-foto ini merupakan buku harian visual, koleksi emosi yang saya rasakan saat saya mengarahkan kamera saya untuk merekam apa-apa yang ia lihat.

    “Mereka bukan tanda  mata, melainkan sebuah peringatan agar saya selalu merayakan dinamika kehidupan,” tandas Rony.

    Pameran Ecounters ini mengangkat kepiawaian Rony sebagi fotografer, sekaligus menunjukkan karya-karya terpilihnya beberapa tahun terakhir sebagai seorang visual artis.

    Sebagai seorang fotografer muda, karya foto jurnalistik Rony pernah meraih sejumlah apresiasi. Rony adalah pemenang sejumlah penghargaan bergengsi, seperti NPPA Best Photojournalism (2010 dan 2011). Foto Essay terbaik Tempo (2010), dan Mochtar Lubis Award Grant (2009). Selain itu pamerannya telah sering dikutsertakan dalam pameran foto dalam dan luar negeri.

    “Saya rasa hampir semua fotografer memiliki impian menerbitkan buku foto,” kata Rony mengenai keputusannya menerbitkan Ecounters.

    Pameran foto Ecounters ini berlangsung dari tanggal  15 Maret  – 25 Maret 2013. Selamat Untuk Rony.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here