More

    Hobi-hobi Kreatif yang Menguntungkan Mahasiswa

    Endah Kemala
    16032013 ilustrasi hobi menguntungkan mahasiswaSetiap mahasiswa biasanya memiliki hobi yang bisa mengalihkan pikirannya dari stres belajar. Hobi kreatif itu pula bisa menjadi salah satu usaha yang menguntungkan. Seperti apa sih hobi-hobi itu, yuk kita lihat!

    Membuat Kerajinan
    Membuat kerajinan hasilnya tentu bisa dijual, minimal pada teman-teman kuliah. Apalagi banyak mahasiswi modis dan gaul yang suka banget pake pernak-pernik unik dan cantik. Nah, kalau kamu suka banget bikin aksesori, atau kerajinan tangan lainnya, manfaatkanlah hobi ini untuk mendapatkan keuntungan daripada hanya menjadi pajangan kamar. Selain bisa menghabiskan waktu kosong yang membosankan, kamu juga bisa menambah uang saku.

    NgeMC
    Kamu yang supel dan suka banget ngobrol serta berinteraksi dengan orang banyak, pasti sering jadi MC di beberapa acara kampus. Nah, hobi ini sangat menguntungkan buat kamu. Selain bisa lebih dikenal oleh banyak orang, mudah menambah link, kamu bisa mencoba jadi MC pada beberapa event yang bisa menguntungkan kamu dari segi materi. Kalau di event kampus, kamu biasa jadi MC gratisan di organisasi kamu, atau sekedar bantu temen, nah kini saatnya untuk menaikan daya jual. Coba cari beberapa event luar kampus yang emang bisa membayar kamu. Meskipun awalnya gak gede, tapi pastinya sedikit demi sedikit bayaran kamu bisa bertambah.

    - Advertisement -

    Menulis
    Jangan sepelekan hobi menulismu, baik fiksi ataupun non fiksi. Bayaran menulis artikel di surat kabar itu lumayan lho buat kantong mahasiswa. Apalagi jika kamu suka mengirimkan tulisan non fiksi di beberapa majalah. Bisa-bisa ada penerbit yang mau menjadikannya buku. Nah, buat kamu yang suka menulis artikel di suratkabar, nantinya bisa dijadikan referensi untuk mencari pekerjaan yang berhubungan dengan media. Biasanya perusahaan media suka banget dengan anak muda yang semasa kuliah aktif, memahami keadaan sosial masyarakat dan sangat kreatif.

    Fotografi
    Fotografer yang sekarang dilirik bukan hanya yang profesional saja lho. Banyak kok cewek-cewek yang mencari fotografel amatir untuk mengabdikan moment spesial atau kecantikan mereka. Ini karena harga yang diberikan oleh fotografer yang berstatus mahasiswa biasanya lebih murah. Tapi hobi fotografi ini harus bener-bener diasah lho, jangan hanya karena gaya doang. Untuk menambah kreativitas dalam dunia fotografi sering-seringlah ikut lomba atau mencoba teknik-teknik baru.

    Nge-DJ
    Hilangkan deh pikiran negatif tentang Disk Jockey (DJ). Jadi DJ itu sama kok kayak anak-anak band pada umumnya, mereka bereksplorasi dengan musik. Hanya, DJ memang sering tampil di acara klub malam atau tempat dugem. Tapi, yang namanya kehidupan bebas itu kan tergantung dari masing-masing individu. Nah, kamu harus liat sisi positifnya, sebab banyak mahasiswa yang jago memixing lagu mendapatkan bayaran yang lumayan. Malahan ada yang bayar uang kuliahnya dari hasil nge-DJ.

    Masak
    Hobi masak gak hanya bisa menyelamatkan anak kos dari bahaya kelaparan. Kalau mau kreatif, hobi masak ini bisa kamu manfaatin buat nyari uang. Misalnya jadi koki di kosan kamu, buka cafe kecil-kecilan atau toko kue bareng teman. Kalau kafe kemahalan, setiap hari Minggu kamu bisa ikut-ikutan sama pedagang kaki lima seperti di lapangan Gasibu Bandung buat gelar masakanmu.

    Menjahit
    Gak perlu malu sama hobimu yang satu ini. Menjahit itu butuh eksplorasi seni dan keahlian yang baik. Apalagi kalau kamu juga jago desain. Gak usah takut dibilang penjahit kalau kamu mau buka usaha jahit kecil-kecilan. Siapa tahu hasil baju buatan kamu jadi trand fashion terbaru di kampus.

    Sebenarnya banyak sekali hobi yang bisa kamu manfaatkan agar tidak hanya jadi sekedar hobi tapi juga menguntungkan. Semuanya tergantung bagaimana kamu bisa mencari peluang dan memanfaatkannya. Nah, sekarang coba lihat apa hobimu menguntungkan? Coba dishare! []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here