More

    Pesona Negeri 1001 Malam di FIB UI

    Ahmad Fauzan Sazli

    18 04 2013 Pesona Negeri 1001 Malam

    Seorang mahasiswa mengamati  bangunan bersejarah Negeri 1001 Malam di Auditorium FIB UI, Kamis, (18/04/2013). AHMAD FAUZAN SAZLI.

    - Advertisement -

    Suasana Auditorium Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI) hari ini nampak berbeda. Pasalnya di ruangan tersebut berdiri bangunan, monumen dan situs bersejarah dari tanah Arab.

    Bangunan tersebut antara lain Zigurrat, Masjid Agung Samarra, Petra, dan sebagainya. Tak hanya terdapat foto-foto bersejarah lainnya yang dipajang di ruangan itu.

    Diaroma dan foto peninggalan peradaban tanah Arab tersebut merupakan salah satu bagian dari rangkaian acara yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Arab FIB UI. Kegiatan yang mengusung tema “Pesona 1001 Malam” tersebut mengajak mengenal lebih dekat budaya Arab khususnya Negeri 1001 malam.

    Selain pameran diorama bangunan kuno dan foto, pada acara tersebut digelar pemutaran film “Son of Babylon” dan seminar nasional “Peran Bayt Al Himah di Bagdad bagi Peradaban Dunia, serta pagung teater dengan judul “Harus Mati” yang diadobsi dari novel Layla dan Majnun.

    Tak hanya itu, beragam lomba dalam bahasa Arab mewarnai Festival Timur Tengah ini . Lomba tersebut diantaranya debat, bernyanyi, baca puisi, pidato, dan presentasi. Kemudian tak ketinggalan adalah lomba makan kebab dan konser musik simponi 1001 malam dari Debu.

    “Festival ini dirasa sangat penting untuk memberikan wawasan dan pemahaman kita yang lebih mendalam mengenai Timur Tengah,” kata Yogi Theo Rinaldi, ketua panita Festival Timur Tengah.

    Menurutnya, baik dari segi budaya, politik, maupun bahasa sejak ribuan tahun lalu memberikan kotribusi besar dalam peradaban dunia. Seperti  mahakarya arsitektur Timur Tengah dan kebudayaan Timur Tengah mulai dari tari perut dan untaian kata-kata Indah dalam puisi.

    “Semua itu telah mampu membius jutaan orang di seluruh dunia akan kekayaan budaya Timur Tengah,” jelas Yogi.

    Acara yang digelar dari tanggal 18 – 20 April ini diikuti sebanyak delegasi dari berbagai kampus di Indonesia. Acara ini akan digelar dari tanggal 18 – 20 April 2013. Sore ini ke 42 delegasi tersebut akan melakukan karnaval keliling kampus UI dengan berbusana ala Timur Tengah.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here