More

    Memanfaatkan Rumah Kontrakan Untuk Uang Saku Tambahan

    Endah Kemala

    28 05 2013 rumah kontrakanHidup prihatin, irit, perekonomian mandek emang udah jadi permasalahan tiap anak kosan. Bingung mengatasinya? Kamu hanya perlu berfikir kreatif dan mencari peluang. Salah satunya dengan keluar dari kos-kosan dan mencari kontrakan yang murah namun nyaman. Selain itu tempatnya strategis, dekat dengan kampus, atau akses kendaraan umum untuk ke kampus mudah.

    Eits kamu gak perlu bingung untuk membayar rumah kontrakan yang tentunya lebih mahal dari kos-kosan. Rumah kontrakan ini harus dimaksimalkan untuk mencari uang. Ini nih, beberapa usaha yang bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan rumah kontrakan.

    - Advertisement -

    Kos-kosan

    Yang namanya mahasiswa perantauan sering banget kesulitan untuk nyari kosan. Apalagi mahasiswa baru. Mereka harus bersusah payah menyusuri tiap kompleks dan gang untuk mencari kosan. Nah, kamu perlu memanfaatkan momen ini. Tinggal bikin selebaran dan bagikan di kampus. Biasanya bapak/ibu kosan yang sama-sama mahasiswa lebih pengertian terhadap mahasiswanya, sehingga membuat mereka lebih nyaman. Ini satu poin buat kamu. Tapi, kamu harus mau mengurusi setiap permasalahan nantinya, mulai dari izin ke RT, pembayaran listrik, air dan lainnya.

    Laundry

    Mahasiswa kosan biasanya paling malas untuk nyuci dan setrika baju. Untuk buka usaha ini, kamu harus berani menurunkan harga di bawah laundri lainnya. Tapi, biar gak terlalu berat, sebaiknya ajak teman-teman bergabung di usaha ini. Selain modal beli mesin cuci bisa patungan, kalian juga bisa bergantian untuk bekerja.

    Reseller Produk

    Banyak banget barang-barang yang bisa kamu manfaatkan untuk dijual kepada mahasiswa. Mulai dari cemilan, pakaian, aksesori, sepatu, tas dan lainnya. Rumah kontrakan bisa dijadikan tempat penyimpanan barang sementara. Untuk berjualan, selain bisa ditawarkan langsung ke temen-temen, kamu bisa memanfaatkan HP, Gadged, dan berbagai jaringan sosial di internet. Nah, untuk yang berada di kotamu, bisa langsung dateng dan memilih barang yang mereka sukai.

    Kios Rumahan

    Kios rumahan juga bisa kamu jadiin alternatif lain untuk memanfaatkan rumah kontrakan. Biasanya banyak banget mahasiswa di komplek kosan yang males beli perlengkapan mandi atau cemilan ke pasar atau supermaket. Tapi, kamu harus lebih komplit dari warung-warung sebelah lho biar kiosmu banyak langganan.

    Jasa Pengetikan

    Udah jadi rahasia umum kalau sekarang ini banyak banget mahasiswa yang gak mau ribet dan susah ngerjain tugas kuliah atau skripsi mereka. Makanya mereka sering banget nyari orang yang mau dibayar untuk ngetikin tugas atau skripsi. Biar gak cape, dan nolingin temen yang kesusahan duit juga, kamu bisa ajak temen-temen kamu. Nah, tinggal disebar dari mulut ke mulut deh usaha kamu ini.

    Memanfaatkan Hobi

    Buat kamu yang hobi bikin kerajinan, masak, otomotif, dan lainnya, rumah kontrakan juga bisa dimanfaatkan untuk buka usaha yang berhubungan dengan hobi kamu ini. Jadi gak usah capek-capek dan ngeluarin duit banyak lagi untuk nyari tempat. Selain punya tempat tinggal kamu juga bisa bikin bisnis kecil-kecilan.

    Kenapa rumah kontrakan ini cocok banget buat mahasiswa? karena kamu bisa lebih mudah menghindar dari bikin ijin usaha dan bayar pajak. Jadi kamu hanya memikirkan uang kontrakan. Dan usaha yang kamu buat juga termasuk usaha kecil yang gak butuh modal gede. Kalau kamu takut gak sanggup untuk ngontrak rumah, bisa mengajak teman untuk patungan dan kerjasama. Selain beban jadi lebih ringan, kamu juga punya partner untuk ngembangin usaha rumahan kamu nantinya. []

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here