More

    Menikmati Toge Goreng di Rumah Betawi

    Ahmad Fauzan Sazli

    Penjual Toge Goreng

    Penjual Toge Goreng di Rumah Betawi, Jakarta Fair 2013. FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    - Advertisement -

    Diantara ribuan stand yang berdiri di Jakarta fair. Sebuah stand berwarna kuning, bergaya rumah Betawi menyita perhatian pengunjung. Stand tersebut adalah stand Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB).

    Stand berukuran 3 x 10 tersebut di dalamnya terdapat beraneka macam kuliner Betawi, seperti laksa, soto tankar, asinan, beer pletok, serta dodol. Sementara di kanan kiri stand terdapat makanan yang juga khas Betawi, yaitu toge goreng.

    Diantara kuliner khas Betawi tersebut,  toge goreg adalah penganan yang paling ramai dikelilingi para pembeli. Salah satunya adalah Setiawan (52), warga Kedoya, Jakarta Barat. Meski sejak SMP tinggal di Jakarta, baru kali ini ia mencoba salah satu kuliner khas Betawi itu.

    Saat ditemui Setiawan tengah menikmati sepiring toge goreng. Setelah beberapa suap, Setiawan mengaku rasanya enak. “Rasanya cocok dengan lidah saya. Rasa tauconya terasa sekali,” kata Setiawan Kepada KabarKampus, Sabtu, (07/06/2013).

    Sesuap demi sesuap sepiring toge goreng itu pun habis. Penggemar gudek ini mengaku rasa tauco  cukup familiar baginya. Karena bumbu tauco sendiri sering digunakan dalam masakan China.

    Toge goreng sendiri terdiri dari mie kuning, toge, dan daun kucai. Semua bahan “digoreng’ dengan menggunakan air. Setelah selesai. Toge goreng tersebut disajikan bersama lontong dan dicampur dengan bumbu tauco dan oncom.

    Penjual toge goreng tersebut adalah Karim (45). Sehari-hari ia biasanya berjualan keliling di sekitar Pancoran, Jakarta Selatan. Malam itu, Karim buka pukul 15.00 WIB. Saat ditemui pukul 21.00, Karim telah menjual sekitar 90 piring toge goreng dengan harga satu piringnya Rp.15 ribu.

    “Sekarang ini masih sepi, belum libur sekolah, nanti kalau sudah libur pertengahan bulan baru rame, sehari bisa 300 piring” kata Karim.

    Dalam kesempatan itu  KabarKampus juga penasaran dengan toge goreng tersebut. Saat akan dinikmati, aromanya sudah mengundang selera. Rasa asam dan manis khas tauco dan oncomnya pas di lidah.

    Jakarta Fair sendiri digelar dari tanggal 06 Juni – 07 Juli 2013. Bila KaKa mampir ke Jakarta Fair, kuliner khas Betawi yang satu ini patut dicoba.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here