More

    Coba Selamatkan Kawan di Bali, Pemuda Australia Dapat Penghargaan

    ABCA AUSTRALIA NETWORK

    australia

    Seorang pemuda Australia yang mencoba menyelamatkan kawannya yang kesetrum listrik di Bali termasuk diantara warga Australia yang mendapatkan penghargaan dari pemerintah Australia atas keberanian mereka.

    - Advertisement -
     Gubernur Jenderal Australia Quentin Bryce hari Minggu (1/9) ini memberi penghargaan kepada 70 warga Australia yang telah menunjukkan tindakan yang pemberani.
    Diantara penerimanya adalah Michael Kennedy, remaja berusia 18 tahun dari Central Coast di New South Wales, yang mencoba menyelamatkan nyawa temannya yang kesetrum listrik di Bali.
    Kecelakaan itu terjadi 26 November 2011, saat Michael sedang berlibur bersama kawan-kawan di Bali merayakan lulus SMU.
    Michael mencoba melepaskan temannya, Jake Flannery, yang tersetrum sewaktu tidak sengaja kena tiang logam yang dialiri listrik dari kabel plang neon di sebuah cafe di Bali. Tanpa memikirkan keselamatannya sendiri Michael berusaha menyelamatkan nyawa temannya. Ia menarik Jake, melakukan pertolongan nafas buatan, tapi sia-sia.
    Yang juga mendapat penghargaan adalah lima orang guru sekolah dasar St Stephens di Perth. Mereka diberi penghargaan atas keberanian mereka sewaktu menghadapi seorang wanita yang datang ke sekolah dengan mengacung-acungkan pisau.
    Berkat tindakan sigap kelima guru perempuan itu, wanita yang agaknya punya gangguan mental itu akhirnya ditanggulangi tanpa menimbulkan kepanikan di sekolah. Murid-murid dilarang keluar kelas sampai polisi datang untuk memastikan mereka selamat.
    “Tidak ada murid yang menyadari apa yang terjadi,” kata Jo-Anne Urquhart, salah seorang guru yang mendapatkan medali penghargaan. Kelima guru mengatakan tidak menyangka dan sangat gembira mendapatkan pengakuan.
    Yang juga memperoleh medali penghargaan adalah seorang pria warga Toowomba yang menyelamatkan seorang anak berusia 10 tahun dari mobil yang penuh dengan air banjir.
    Ibu dan saudara laki-laki anak itu hanyut terbawa air bah yang mendadak melanda kota Toowomba dalam bulan Januari 2011.
    Medali penghargaan juga diberikan kepada tiga orang pria yang menggagalkan perampokan di sebuah pusat perbelanjaan di Brisbane dua tahun yang lalu.
    Tiga orang pemuda Palm Island juga menerima penghargaan karena menyelamatkan seorang anak perempuan di Palm Island dua tahun yang lalu.
    Kata Gubernur Jenderal Quentin Bryce, para penerima penghargaan ini mendahulukan keselamatan dan nyawa orang lain daripada keselamatan diri sendiri.[]
    AAP/ABC

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here