More

    Bengkel Mahasiswa ITS, Layani Jasa Servis Motor Dengan Harga Murah

    Ahmad Fauzan Sazli

    06 01 2013 Bengkel Motor Mahasiswa ITS

    Bengkel motor LBBM ITS. FOTO : ITS

    - Advertisement -

    SURABAYA, KabarKampus – Tepat di lantai dasar Jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Sebelas November Surabaya (ITS), sebuah bengkel servis resmi hadir melayani masyarakat. Bengkel tersebut adalah Lembaga Bengkel Mahasiswa Mesin (LBMM) ITS.

    Bengkel yang ada di dalam kampus ini melayani jasa servis motor seperti bengkel pada umumnya. Namun biaya servisnya jauh lebih murah dibanding bengkel biasa. Jenis servis yang ditawarkan bermacam-macam, mulai dari pergantian bodi kendaraan, servis ringan, servis lengkap hingga servis berat.

    Adapun untuk biaya servis antara lain, untuk servis ringan dikenakan biaya 15 ribu rupiah. Sedangkan untuk servis lengkap dikenakan biaya 20 ribu rupiah. Sementara untuk servis berat mulai dari harga 50 ribu rupiah hingga 75 ribu rupiah

    Bengkel ini melayani jasa servis mulai dari pukul empat sore hingga pukul delapan malam setiap Senin hingga Jumat. Sedangkan ketika weekend, bengkel telah dibuka sejak pukul sepuluh pagi hingga pukul empat sore.

    ”Meski biaya murah, namun kualitas yang kami berikan adalah sama dengan bengkel lainnya,” ungkap Firman Iffah Darmawangsa, Ketua LBMM.

    Menurut Firman, meski banyak yang menilai kurang strategis, namun hal tersebut tidak menjadi masalah bagi mereka. Bengkel ini berdiri tak hanya untuk untuk tujuan komersial namun atas juga atas dasar minat dan bakat mahasiswa jurusan mereka.

    Hingga saat ini setidaknya terdapat 75 orang mahasiswa yang telah tergabung menjadi anggota LBMM. Mahasiswa tersebut yang terdiri dari angkatan 2012 hingga 2010. Mereka terbagi menjadi beberapa divisi, yakni divisi organisasi, divisi umum, divisi hubungan luar, divisi Human Resources Development (HRD), divisi kewirausahaan, divisi roda dua dan divisi roda empat.

    Tak hanya itu, bengkel yang telah beridri sejak 23 tahun yang lalu ini juga mempunyai misi ingin mengenalkan dunia otomotif ke masyarakat. LBMM pernah menggelar dua acara besar, yakni Mechanical Skill Competition (MSC) dan Engine Tune Up (ETU). MSC tersebut merupakan kegiatan yang ditujukan untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan telah dilaksanakan di berbagai wilayah di Indonesia. Sementara ETU yakni kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dengan cara memberikan jasa servis kepada masyarakat Surabaya.

    Selain itu LBMM juga memiliki peran penting dalam pembuatan kendaraan hemat energi yang dipelopori oleh tim Sapu Angin ITS. Mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM)-nya hingga peralatan yang dipakai dalam pembuatan kendaraan hemat energi ini kebanyakan merupakan anggota LBMM.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here