More

    Peduli Lingkungan Tumbuhkan Kecerdasan Naturalis Anak Muda

    Fatiema Fatzah

    Berbicara tentang anak muda,mungkin tidak pernah ada habisnya. Anak muda adalah generasi penerus bangsa yang nantinya juga akan menjadi generasi penerus yang harus menjaga dan melestarikan lingkungan untuk anak cucunya kelak.

    Namun kalau kita perhatikan di zaman sekarang ini banyak sekali anak muda yang acuh tak acuh dan tidak mempedulikan lingkungannya. Mereka sering berpikir itu bukan menjadi tanggung jawab mereka seutuhnya untuk merawat lingkungan di sekitar mereka. Mereka sering beranggapan bahwa hal semacam itu harusnya menjadi tanggung jawab bagi petugas di lingkungan tempat mereka tinggal. Anak muda memang tak terlepas dari sosok mereka yang labil, bebas dan dalam pencarian jati diri.

    - Advertisement -

    Dalam masa pencarian jati diri inilah seharusnya mereka di perkenalkan dan diajarkan suatu hal yang bermanfaat bagi kehidupan mereka di masa sekarang dan akan datang. Nah, suatu hal yang perlu diperkenalkan kepada mereka itu adalah wawasan tentang ilmu pengetahuan yang berkembang pada saat ini, dan wawasan mereka tentang alam.

    Apabila mereka sudah memilki bekal tentang kedua ilmu tersebut maka boleh jadi mereka bisa  memiliki suatu hal yang di sebut dengan “Kecerdasan Naturalis” sehingga mereka dapat dengan mudah menerapkannya dalam kehidupan mereka. Anak muda yang sudah memiliki Kecerdasan Naturalis tersebut cenderung akan melakukan hal yang tidak merusak alam. Mereka akan senantiasa menjaga dan melestarikan alam di sekitar tempat tinggal mereka.

    Sebenarnya kita dapat melihat anak muda yang memiliki kecintaan pada lingkungan ini dengan meihat gaya hidup mereka. Seperti apa Gaya hidup Anak muda yang memiliki Kesadaran dan Kepedulian terhadap alam?

    Simak baik-baik beberapa penjelasan yang mungkin sering kita jumpai pada gaya hidup anak muda yang memiliki kepedulian tehadap lingkungan ini :
    1. Dalam cara berpakaian, mereka sering kali memiliki gayanya sendiri dan tidak mau meniru
    gaya berpakaian yang sedang trend atau mode berpakaian orang lain
    2. Apabila kita pernah melihat salah satu dari teman kita di sekolah atau di kampus yang
    datang ke sekolah atau kampus dengan mengayuh sepeda sementara teman yang lain
    menggunakan motor, boleh jadi orang tersebut adalah orang yang memiliki kepedulian
    lingkungan yang tinggi
    3. Dalam pergaulan, mereka tidak membatasi pergaulan mereka. Orang dengan kesadaran dan
    kepedulian terhadap lingkungan cenderung mencintai dan menjunjung tinggi perdamaian
    4. Orang yang memiliki Kecerdasan Naturalis ini lebih menyukai kegiatan di outdoor
    daripada di indoor
    5. Mereka terlihat santai dan tidak terburu-buru dalam menanggapi suatu hal
    6. Sering kali terlibat dalam acara pramuka, sepeda santai, mendaki gunung dan kegiatan lain
    yang behubungan dengan alam
    7. Mengikuti komunitas pecinta alam, pramuka ,sepeda gunung dan lain sebagainya
    8. Peka terhadap alam dan suka kebersihan

    Beberapa penjelasan di atas hanyalah sebagian kecil dari gaya hidup anak muda yang memilki kepedulian terhadap lingkungannya. Anak muda sebagai tunas-tunas bangsa seharusnya memiliki gaya hidup seperti apa yang di sebutkan di atas. Untuk itu, kepada generasi muda ayo kita pupuk kesadaran dan kepedulian kita terhadap lingkungan di sekitar kita. Jangan ragu dan malu untuk melakukan gerakan dan gaya hidup cinta alam. Karena, Kalau bukan kita, Siapa lagi ?[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here